Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam
kisah Maryam binti Imran, dengan sub penelitian yaitu; 1) Bagaimana nilai-nilai
pendidikan aqidah dalam kisah Maryam binti Imran, 2) Bagaimana nilai-nilai
pendidikan syari’ah dalam kisah Maryam binti Imran, 3) Bagaimana nilai-nilai
pendidikan akhlak dalam kisah Maryam binti Imran.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kepustakaan (literature research) sedangkan metode yang digunakan peneliti
adalah metode deskriptif. Tekhnik pengumpulan data berupa dokumentasi.
Sumber data primer dan sekunder berupa Al-Qur’an, buku, dan penelitian sejenis
yang membahas mengenai pendidikan Islam dalam kisah Maryam binti Imran.
Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi
(content analysis).
Hasil dari penelitian dalam kisah Maryam binti Imran terdapat beberapa
nilai pendidikan Islam di dalamnya, 1) Nilai pendidikan aqidah, yaitu berupa
tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, dan tauhid asma’ wa sifat. 2) Nilai pendidikan
syari’ah, yaitu berupa ibadah mahdhah, ibadah gahiru mahdhah, ibadah vertikal,
dan ibadah horizontal. 3) Nilai pendidikan akhlak, yaitu berupa akhlak kepada
Allah, akhlak kepada Rasulullah, akhlak kepada orang tua, akhlak kepada guru,
dan akhlak kepada sesama manusia.