Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di TPA Zidna
Ilma Tanjung Raya 1 Pontianak Timur yaitu kurangnya semangat belajar santri
dalam membaca Al-Qura’n, sehingga diperlukan semacam cara untuk
meningkatkan keaktifan santri dalam program membaca Al-Qura’n. Penelitian ini
bertujuan untuk mendiskripsikan. 1. Bagaimana penerapan Metode Iqra’ dan
Baghdadiyah dalam Program Membaca Al-Qur'an di TPA Zidna Ilma. 2. Apa saja
kelebihan dan kekurangan dari Metode Iqra’ dan Baghdadiyah dalam Program
Membaca Al-Qur'an di TPA Zidna Ilma. 3. Apa faktor yang mempengaruhi Metode
Iqra’ dan Baghdadiyah dalam Program Membaca Al-Qur'an di TPA Zidna Ilma.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Selanjutnya agar data yang
terkumpul memiliki kebenaran yang sesuai dengan fokus penelitian, maka
dilakukan pemeriksaan keabsahan data berupa trianggulasi dan member chek.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan. 1.
Penerapan Metode Iqra’ dan Baghdadiyah dalam Program Membaca Al-Qur'an
telah memiliki landasan yang kuat, tujuan, manfaat, tahapan-tahapan, tekhnik,
penilaian yang di susun secara sistematis sehingga terlaksanalah pelaksanaan
program membaca Al Qur'an menggunakan metode Iqra’ dan Baghdadiyah di TPA
Zidna Ilma. 2. Kelebihan dan kekurangan dari Metode Iqra’ dan Baghdadiyah
dalam Program Membaca Al-Qur'an di TPA Zidna Ilma, tampak bahwa metode
Baghdadiyah kelebihannya adalah pengenalan pada huruf hijaiyah, bisa hafal huruf
hijaiyah, bisa mengeja Al-Qur'an dengan baik. Kekurangannya mereka yang
menggunakan metode Baghdadiyah ini mereka lebih lambat waktu balajarnya
lama, tapi hasilnya memuaskan. Sedangakan metode Iqra’ kekurangannya tidak
diajarkan mengenal huruf namun mengenal lewat suara. Kelebihan metode Iqra’
terletak dari cepatnya anak pandai membaca 3. Faktor yang mempengaruhi Metode
Iqra’ dan Baghdadiyah dalam Program Membaca Al-Qur'an di TPA Zidna Ilma,
adalah; Faktor Internal, faktor dari santri itu sendiri, karena santri itu sendiri harus
tekun, gurunya atau ustadnya harus sabar. Faktor eksternal, faktor orang tua,
fasilitas walaupun kurang memadai kita menggunakan papan tulis untuk mengajari
mereka huruf-huruf menggunakan papan tulis, spidol dan lain sebagainya.