PENGAJARAN KITAB IQRA’ DAN BAGHDADIYAH PADA ANAK TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) ZIDNA ILMA TANJUNG RAYA I PONTIANAK TIMUR TAHUN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor YAPANDI
dc.contributor.advisor NELLY
dc.contributor.author G H O F F A R
dc.date.accessioned 2023-01-18T12:32:44Z
dc.date.available 2023-01-18T12:32:44Z
dc.date.issued 2021-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2126
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di TPA Zidna Ilma Tanjung Raya 1 Pontianak Timur yaitu kurangnya semangat belajar santri dalam membaca Al-Qura’n, sehingga diperlukan semacam cara untuk meningkatkan keaktifan santri dalam program membaca Al-Qura’n. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan. 1. Bagaimana penerapan Metode Iqra’ dan Baghdadiyah dalam Program Membaca Al-Qur'an di TPA Zidna Ilma. 2. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari Metode Iqra’ dan Baghdadiyah dalam Program Membaca Al-Qur'an di TPA Zidna Ilma. 3. Apa faktor yang mempengaruhi Metode Iqra’ dan Baghdadiyah dalam Program Membaca Al-Qur'an di TPA Zidna Ilma. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Selanjutnya agar data yang terkumpul memiliki kebenaran yang sesuai dengan fokus penelitian, maka dilakukan pemeriksaan keabsahan data berupa trianggulasi dan member chek. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan. 1. Penerapan Metode Iqra’ dan Baghdadiyah dalam Program Membaca Al-Qur'an telah memiliki landasan yang kuat, tujuan, manfaat, tahapan-tahapan, tekhnik, penilaian yang di susun secara sistematis sehingga terlaksanalah pelaksanaan program membaca Al Qur'an menggunakan metode Iqra’ dan Baghdadiyah di TPA Zidna Ilma. 2. Kelebihan dan kekurangan dari Metode Iqra’ dan Baghdadiyah dalam Program Membaca Al-Qur'an di TPA Zidna Ilma, tampak bahwa metode Baghdadiyah kelebihannya adalah pengenalan pada huruf hijaiyah, bisa hafal huruf hijaiyah, bisa mengeja Al-Qur'an dengan baik. Kekurangannya mereka yang menggunakan metode Baghdadiyah ini mereka lebih lambat waktu balajarnya lama, tapi hasilnya memuaskan. Sedangakan metode Iqra’ kekurangannya tidak diajarkan mengenal huruf namun mengenal lewat suara. Kelebihan metode Iqra’ terletak dari cepatnya anak pandai membaca 3. Faktor yang mempengaruhi Metode Iqra’ dan Baghdadiyah dalam Program Membaca Al-Qur'an di TPA Zidna Ilma, adalah; Faktor Internal, faktor dari santri itu sendiri, karena santri itu sendiri harus tekun, gurunya atau ustadnya harus sabar. Faktor eksternal, faktor orang tua, fasilitas walaupun kurang memadai kita menggunakan papan tulis untuk mengajari mereka huruf-huruf menggunakan papan tulis, spidol dan lain sebagainya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Iqra’ en_US
dc.subject Baghdadiyah en_US
dc.title PENGAJARAN KITAB IQRA’ DAN BAGHDADIYAH PADA ANAK TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) ZIDNA ILMA TANJUNG RAYA I PONTIANAK TIMUR TAHUN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account