Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: 1) Perencanaan
penilaian sumatif pada ranah kognitif pembelajaran PAI kelas VII semester genap
di SMP Islam Al Azhar 17 Pontianak Tahun Pembelajaran 2019/2020. 2)
pelaksanaan penilaian sumatif pada ranah kognitif pembelajaran PAI kelas VII
semester genap di SMP Islam Al Azhar 17 Pontianak Tahun Pembelajran
2019/2020.3) tindak lanjut pelaksanaan penilaian sumatif pada ranah kognitif
pembelajaran PAI kelas VII semester genap di SMP Islam Al Azhar 17 Pontianak
Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Untuk menggali dan mengetahui apa yang menjadi tujuan tersebut peneliti
menggunakan jenis penelitian Studi Kasus dengan pendekatan kualitatif dan
metode deskriptif. Adapun untuk memperoleh data yang berkaitan dengan fokus
dan tujuan penelitian, peneliti memilih teknik pengumpulan data yaitu teknik
wawancara dan teknik dokumentasi. Yang menjadi sumber data dalam penelitian
ini adalah Guru mata pelajaran PAI kelas VII SMP Islam Al Azhar 17 Pontianak.
Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini ialah panitia Penilaian
Akhir Sekolah, dokumen-dokumen seperti silabus, RPP, kisi-kisi, soal dan daftar
nilai siswa. Adapun tahapan analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi dan member check.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa:
1) Perencanaan penilaian sumatif pada ranah kognitif pembelajaran PAI kelas VII
semester genap di SMP Islam Al Azhar 17 Pontianak tahun pelajaran 2019/2020
yang dilakukan guru ialah Merumuskan atau mempertegas tujuan pengajaran dan
mengkaji kembali materi pengajaran sesuai dengan RPP dan silabus, kisi-kisi atau
blueprint alat penilaian tidak dibuat sesuai format yang telah dibuat sehingga soal
tidak disusun sesuai dengan kisi-kisi, guru tidak menganalisis soal sebelum
diujikan namun guru tetap membuat kunci jawaban soal. 2) Pelaksanaan penilaian
sumatif pada ranah kognitif pembelajaran PAI kelas VII semester genap di SMP
Islam Al Azhar 17 Pontianak tahun pelajaran 2019/2020 yang dilakukan guru
ialah hanya memberikan soal dan kunci jawaban kepada panitia PAS, karena pada
saat pelaksanaan ujian PAS, sekolah terdampak pandemi virus Covid-19 yang
menyebabkan tidak adanya kegiatan atau pertemuan tatap muka antara guru dan
siswa. Sehingga pelaksanaan penilaian tidak sesuai dengan teori yang telah
dipaparkan sebelumnya. 3) Tindak lanjut penilaian sumatif pada ranah kognitif
pembelajaran PAI kelas VII semester genap di SMP Islam Al Azhar 17 Pontianak
tahun pelajaran 2019/2020 yang dilakukan guru ialah sudah melakukan penskoran
pada hasil ujian siswa dengan baik dan pelaporan hasil belajar juga dilakukan
sesuai dengan kemampuan atau hasil yang diperoleh siswa.