PENILAIAN SUMATIF PADA RANAH KOGNITIF PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS VII SEMESTER GENAP SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ISLAM AL AZHAR 17 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor MA'RUF
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author RUSMADI, DANDI
dc.date.accessioned 2023-01-18T09:25:50Z
dc.date.available 2023-01-18T09:25:50Z
dc.date.issued 2021-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2113
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: 1) Perencanaan penilaian sumatif pada ranah kognitif pembelajaran PAI kelas VII semester genap di SMP Islam Al Azhar 17 Pontianak Tahun Pembelajaran 2019/2020. 2) pelaksanaan penilaian sumatif pada ranah kognitif pembelajaran PAI kelas VII semester genap di SMP Islam Al Azhar 17 Pontianak Tahun Pembelajran 2019/2020.3) tindak lanjut pelaksanaan penilaian sumatif pada ranah kognitif pembelajaran PAI kelas VII semester genap di SMP Islam Al Azhar 17 Pontianak Tahun Pembelajaran 2019/2020. Untuk menggali dan mengetahui apa yang menjadi tujuan tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian Studi Kasus dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Adapun untuk memperoleh data yang berkaitan dengan fokus dan tujuan penelitian, peneliti memilih teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah Guru mata pelajaran PAI kelas VII SMP Islam Al Azhar 17 Pontianak. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini ialah panitia Penilaian Akhir Sekolah, dokumen-dokumen seperti silabus, RPP, kisi-kisi, soal dan daftar nilai siswa. Adapun tahapan analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi dan member check. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan penilaian sumatif pada ranah kognitif pembelajaran PAI kelas VII semester genap di SMP Islam Al Azhar 17 Pontianak tahun pelajaran 2019/2020 yang dilakukan guru ialah Merumuskan atau mempertegas tujuan pengajaran dan mengkaji kembali materi pengajaran sesuai dengan RPP dan silabus, kisi-kisi atau blueprint alat penilaian tidak dibuat sesuai format yang telah dibuat sehingga soal tidak disusun sesuai dengan kisi-kisi, guru tidak menganalisis soal sebelum diujikan namun guru tetap membuat kunci jawaban soal. 2) Pelaksanaan penilaian sumatif pada ranah kognitif pembelajaran PAI kelas VII semester genap di SMP Islam Al Azhar 17 Pontianak tahun pelajaran 2019/2020 yang dilakukan guru ialah hanya memberikan soal dan kunci jawaban kepada panitia PAS, karena pada saat pelaksanaan ujian PAS, sekolah terdampak pandemi virus Covid-19 yang menyebabkan tidak adanya kegiatan atau pertemuan tatap muka antara guru dan siswa. Sehingga pelaksanaan penilaian tidak sesuai dengan teori yang telah dipaparkan sebelumnya. 3) Tindak lanjut penilaian sumatif pada ranah kognitif pembelajaran PAI kelas VII semester genap di SMP Islam Al Azhar 17 Pontianak tahun pelajaran 2019/2020 yang dilakukan guru ialah sudah melakukan penskoran pada hasil ujian siswa dengan baik dan pelaporan hasil belajar juga dilakukan sesuai dengan kemampuan atau hasil yang diperoleh siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Perencanaan en_US
dc.subject Pelaksanaan en_US
dc.subject Tindak Lanjut Penilaian Sumatif en_US
dc.title PENILAIAN SUMATIF PADA RANAH KOGNITIF PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS VII SEMESTER GENAP SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ISLAM AL AZHAR 17 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account