Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: 1) Pelaksanaan
pendidikan akhlakul karimah pada anak asuh di Panti Asuhan Bina Kalbar
Kelurahan Batu Layang Pontianak. 2) Metode pendidikan akhlakul karimah pada
anak asuh di Panti Asuhan Bina Kalbar Kelurahan Batu Layang Pontianak. 3)
Faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan akhlakul karimah pada anak
asuh di Panti Asuhan Bina Kalbar Kelurahan Batu Layang Pontianak.
Untuk menggali dan mengetahui apa yang menjadi tujuan tersebut
penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan pendekatan kualitatif deskriptif.
Adapun untuk memperoleh data yang berkaitan dengan fokus dan tujuan
penelitian, peneliti memilih teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara,
observasi dan dokumentasi. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini
adalah data sekunder dan primer. Adapun tahapan analisis yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan
keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi dan
member check.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan
bahwa: 1) Pelaksanaan pendidikan akhlakul karimah pada anak asuh di Panti
Asuhan Bina Kalbar Batu Layang Pontianak yang dilakukan oleh pengasuh ialah:
a) melaksanakan sholat subuh berjamaah, mengaji dan hafalan juz 30, b)
melaksanakan amal soleh, c) melakukan persiapan untuk sekolah, d) setelah itu
istirahat, e) melaksanakan sholat ashar berjamaah dan wirid sore, f) anak-anak
diberi waktu untuk bermain dan mempersiapkan diri untuk shalat maghrib
berjamaah, mengaji dan hafalan, g) sholat isya berjamaah, wirid malam dan
istirahat. 2) Metode pendidikan akhlakul karimah pada anak asuh di Panti Asuhan
Bina Kalbar Batu Layang Pontianak yang dilakukan oleh pengasuh ialah metode
ceramah, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode hukuman dan
pendekatan. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan akhlakul
karimah pada anak asuh di Panti Asuhan Bina Kalbar Batu Layang Pontianak
yang peneliti dapat yaitu faktor pendukung a) Faktor internal terdiri dari fasilitas
yang digunakan, memiliki lembaga PIAUD sendiri dan rumah Qur‟an, pengasuh
dapat memberikan contoh teladan yang baik. b) Faktor eksternal yaitu loyalitas
pengabdian alumni. Faktor penghambat a) Faktor internal terdiri dari kurangnya
pengasuh untuk anak asuh, kurangnya tenaga guru untuk belajar khusus bahasa
Arab, Inggris dan pengajar untuk hafidz/hafidzah. b) Faktor internal terdiri dari
latar belakang yang berbeda, lingkungan sekitar yang bisa memberikan dampak
negatif kepada anak-anak, media sosial yang bisa memberikan dampak negatif
kepada anak-anak, lokasi panti yang langsung berhadapan dengan jalan raya.