PENDIDIKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN BINA KALBAR KELURAHAN BATU LAYANG PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Aprilyanti, Media
dc.contributor.advisor Andina Nurhidayah, Vibry
dc.contributor.author FEBRIANI, AULIA
dc.date.accessioned 2023-01-18T09:05:25Z
dc.date.available 2023-01-18T09:05:25Z
dc.date.issued 2021-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2111
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: 1) Pelaksanaan pendidikan akhlakul karimah pada anak asuh di Panti Asuhan Bina Kalbar Kelurahan Batu Layang Pontianak. 2) Metode pendidikan akhlakul karimah pada anak asuh di Panti Asuhan Bina Kalbar Kelurahan Batu Layang Pontianak. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan akhlakul karimah pada anak asuh di Panti Asuhan Bina Kalbar Kelurahan Batu Layang Pontianak. Untuk menggali dan mengetahui apa yang menjadi tujuan tersebut penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun untuk memperoleh data yang berkaitan dengan fokus dan tujuan penelitian, peneliti memilih teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder dan primer. Adapun tahapan analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi dan member check. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan pendidikan akhlakul karimah pada anak asuh di Panti Asuhan Bina Kalbar Batu Layang Pontianak yang dilakukan oleh pengasuh ialah: a) melaksanakan sholat subuh berjamaah, mengaji dan hafalan juz 30, b) melaksanakan amal soleh, c) melakukan persiapan untuk sekolah, d) setelah itu istirahat, e) melaksanakan sholat ashar berjamaah dan wirid sore, f) anak-anak diberi waktu untuk bermain dan mempersiapkan diri untuk shalat maghrib berjamaah, mengaji dan hafalan, g) sholat isya berjamaah, wirid malam dan istirahat. 2) Metode pendidikan akhlakul karimah pada anak asuh di Panti Asuhan Bina Kalbar Batu Layang Pontianak yang dilakukan oleh pengasuh ialah metode ceramah, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode hukuman dan pendekatan. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan akhlakul karimah pada anak asuh di Panti Asuhan Bina Kalbar Batu Layang Pontianak yang peneliti dapat yaitu faktor pendukung a) Faktor internal terdiri dari fasilitas yang digunakan, memiliki lembaga PIAUD sendiri dan rumah Qur‟an, pengasuh dapat memberikan contoh teladan yang baik. b) Faktor eksternal yaitu loyalitas pengabdian alumni. Faktor penghambat a) Faktor internal terdiri dari kurangnya pengasuh untuk anak asuh, kurangnya tenaga guru untuk belajar khusus bahasa Arab, Inggris dan pengajar untuk hafidz/hafidzah. b) Faktor internal terdiri dari latar belakang yang berbeda, lingkungan sekitar yang bisa memberikan dampak negatif kepada anak-anak, media sosial yang bisa memberikan dampak negatif kepada anak-anak, lokasi panti yang langsung berhadapan dengan jalan raya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pendidikan en_US
dc.subject Akhlakul Karimah en_US
dc.title PENDIDIKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN BINA KALBAR KELURAHAN BATU LAYANG PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account