dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian ini yaitu peneliti melihat nilai bahasa Arab
yang menurun maka, diperlukannya suatu metode pembelajaran yang bisa
meningkatkan hasil belajar bahasa Arab, agar siswa dapat memahami
pembelajaran bahasa Arab dengan maksimal. Salah satu metode pembelajaran
yang digunakan guru untuk memberikan pemahaman dan keaktifan peserta didik
sehingga dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab, yaitu metode Make a
Match. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui hasil belajar bahasa Arab
siswa sebelum menerapkan metode Make a Match, 2) untuk mengetahui hasil
belajar bahasa Arab siswa setelah menerapkan metode Make a Match, 3) untuk
mengetahui seberapa efektif metode Make a Match dalam meningkatkan hasil
belajar bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Negeri Singkawang tahun ajaran
2021/2022. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu Kuantitatif dengan jenis
Quasi Experiment, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan
dokumentasi. Hasil dari penelitian yaitu: 1) Rata-rata kumulatif sebelum
menerapkan metode Make a Match yang diperoleh siswa pada saat Pre-Test, kelas
eksperimen 55,25 dengan rentang nilai 55-59 nilai ini “kurang”. 2) Skor rata-rata
kumulatif setelah menerapkan metode Make a Match yang diperoleh siswa pada
saat Post-Test, kelas ekperimen 90,00 dengan rentang nilai 86-100 nilai ini
“Sangat Baik”. 3) Hal ini dapat dilihat berdasarkan uji hipotesis dengan uji t
diperoleh nilai
untuk varians sama sebesar 1,530 dan nilai
dengan df
= 29 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,052. Karena nilai
pada
taraf signifikansi 5% (1,530 < 2,052), maka
diterima. Berdasarkan uraian
diatas dapat disimpulkan bahwa metode Make a Match tidak efektif terdapat
peningkatan hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Negeri
Singkawang tahun ajaran 2021/2022. |
en_US |