‫ٍغص‬ ‫ٌ‬ ‫خ‬ ‫ٍُّ‬ ‫ظؼ‬ ‫ٕعُفص‬ ‫ٔ‬ ‫ظشلُص‬ ‫يف‬ ‫2021-2022)‬ ‫‪Make‬‬ ‫‪a‬‬ ‫‪Match‬‬ ‫(‬ ‫خٌسـدلص‬ ‫ٌؼر‬ ‫ؿشَمص‬ ‫ظـسُك‬ ‫فؼدٌُص‬ ‫خحلىىُِص‬ ‫خٌؽدٔىَص‬ ‫عُٕفىدوخٔؿ‬ ‫ذسعص‬ ‫دب‬ ‫ؽدِٓ‬ ‫خٌ‬ ‫ف‬ ‫ٌظّ‬ ‫د‬ ‫ز‬ ‫خٌعالُِز‬ ‫ذي‬ ‫ٌ‬ ‫خٌؼشزُص‬ ‫خٌذسخعٍ‬ ‫ٌؼدَ‬ ‫خ

Show simple item record

dc.contributor.advisor ‫خدلدـغعري‬ ‫٘ذخَط‬ ‫َىعف‬ ‫زلّذ‬ ‫خٌذوعىس‬
dc.contributor.advisor ‫خدلدـغعري‬ ‫خٌذَٓ‬ ‫ػدسف‬
dc.contributor.author ‫ووالٔغدسٌ‬ ‫زىدٌ‬ ‫خٌذَٕعد‬
dc.date.accessioned 2022-12-02T12:34:47Z
dc.date.available 2022-12-02T12:34:47Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1876
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini yaitu peneliti melihat nilai bahasa Arab yang menurun maka, diperlukannya suatu metode pembelajaran yang bisa meningkatkan hasil belajar bahasa Arab, agar siswa dapat memahami pembelajaran bahasa Arab dengan maksimal. Salah satu metode pembelajaran yang digunakan guru untuk memberikan pemahaman dan keaktifan peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab, yaitu metode Make a Match. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui hasil belajar bahasa Arab siswa sebelum menerapkan metode Make a Match, 2) untuk mengetahui hasil belajar bahasa Arab siswa setelah menerapkan metode Make a Match, 3) untuk mengetahui seberapa efektif metode Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Negeri Singkawang tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu Kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yaitu: 1) Rata-rata kumulatif sebelum menerapkan metode Make a Match yang diperoleh siswa pada saat Pre-Test, kelas eksperimen 55,25 dengan rentang nilai 55-59 nilai ini “kurang”. 2) Skor rata-rata kumulatif setelah menerapkan metode Make a Match yang diperoleh siswa pada saat Post-Test, kelas ekperimen 90,00 dengan rentang nilai 86-100 nilai ini “Sangat Baik”. 3) Hal ini dapat dilihat berdasarkan uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai untuk varians sama sebesar 1,530 dan nilai dengan df = 29 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,052. Karena nilai pada taraf signifikansi 5% (1,530 < 2,052), maka diterima. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa metode Make a Match tidak efektif terdapat peningkatan hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Negeri Singkawang tahun ajaran 2021/2022. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode Make a Match en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title ‫ٍغص‬ ‫ٌ‬ ‫خ‬ ‫ٍُّ‬ ‫ظؼ‬ ‫ٕعُفص‬ ‫ٔ‬ ‫ظشلُص‬ ‫يف‬ ‫2021-2022)‬ ‫‪Make‬‬ ‫‪a‬‬ ‫‪Match‬‬ ‫(‬ ‫خٌسـدلص‬ ‫ٌؼر‬ ‫ؿشَمص‬ ‫ظـسُك‬ ‫فؼدٌُص‬ ‫خحلىىُِص‬ ‫خٌؽدٔىَص‬ ‫عُٕفىدوخٔؿ‬ ‫ذسعص‬ ‫دب‬ ‫ؽدِٓ‬ ‫خٌ‬ ‫ف‬ ‫ٌظّ‬ ‫د‬ ‫ز‬ ‫خٌعالُِز‬ ‫ذي‬ ‫ٌ‬ ‫خٌؼشزُص‬ ‫خٌذسخعٍ‬ ‫ٌؼدَ‬ ‫خ en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account