dc.contributor.advisor |
Yapandi |
|
dc.contributor.advisor |
Djarot, Muchammad |
|
dc.contributor.author |
ZULFAHRIA |
|
dc.date.accessioned |
2022-11-30T05:21:02Z |
|
dc.date.available |
2022-11-30T05:21:02Z |
|
dc.date.issued |
2022-03 |
|
dc.identifier.uri |
https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1859 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena yang terjadi tentang
kuarangnya kemampuan peserta didik memahami bacaan untuk mendapatkan
informasi yang akurat, belum digunakan metode membelajaran dengan tepat oleh
guru dan media pada saat proses pembelajaran berlangsung. Selayaknya
pembelajaran kemampauan membaca pemahaman dapat menggunakan metode
SQ3R yang divariasikan dengan media cerita bergambar untuk mengatasi
fenomena yang terjadi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1)Kemampuan
membaca pemahaman sebelum menggunakan metode survey, question, read,
reciate, review (SQ3R) yang divariasikan dengan media cerita bergambar pada
peserta didik kelas IV. 2) Penggunaan metode survey, question, read, reciate,
review (SQ3R) yang divariasikan dengan media ceria bergambar untuk
meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas IV. 3)
Kemampuan membaca pemahaman setelah menggunakan metode (SQ3R) yang
divariasikan dengan media ceria bergambar pada peserta didik kelas IV. 4)
signifikansi peningkatan kemampuan membaca pemahaman
dengan
menggunakan metode (SQ3R) yang divariasikan dengan media cerita bergambar
pada peserta didik kelas IV SD Negeri 14 Kubu Tahun Pelajaran 2020/2021.
Untuk mencapai tujuan penelitian ini data yang digunakan melalui
pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan jenis penelitian ini PTK dan teknik analis
data yang digunakan analisis deskriptif. Sedangkan sumber data adalah guru dan
siswa data dikumpulkan memalui observasi, tes,dan dokumentasi dengan proses
kerjanya melalui cek list lembar obsevasi dan perhitungan menggunakan
persentase yang dipaparkan secara aktual dan faktual.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan
membaca peserta didik dalam memahami isi bacaan sebelum menggunakan
metode SQ3R yang divariasikan dengan media cerita bergambar sangat rendah
yaitu dengan nilai rata-rata 43.57 dan belum memenuhi nilai KKM. Sedangkan
persentase ketuntasan sebesar 19.05% dengan kategori rendah 2) Penggunaan
motode SQ3R yang divariasikan dengan media cerita bergambar telah
dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkahnya.3) Setelah digunakan metode
SQ3R yang divariasikan dengan media cerita bergambar nilai rata-rata pada siklus
I sebesar 64.29 dengan persentase ketuntasan 57.14% kategori cukup dan pada
siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 80.71 dengan persentase sebesar 90.48%
dengan kategori sangat tinggi. 4)Terdapat peningkatan kemampuan membaca
pemahaman kelas IV sebelum dan sesudah menggunakan motode SQ3R yang
divariasikan dengan media cerita bergambarsebesar71,43% di SD Negeri 14 Kubu |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
IAIN PONTIANAK |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Membaca pemahaman |
en_US |
dc.subject |
Metode Survey, Question, Read, Reciate, Review (SQ3R) |
en_US |
dc.subject |
Media Cerita Bergambar |
en_US |
dc.title |
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECIATE, REVIEW YANG DIVARIASIKAN DENGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 14 KUBU TAHUN PELAJARAN 2020/2021 |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |