dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memaparkan: (1)
kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika materi luas dan keliling
bangun datar sebelum menggunakan model pembelajaran Creative Problem
Solving berbantu media papan berpaku; (2) penerapan model pembelajaran
Creative Problem Solving berbantu media papan berpaku; (3) kemampuan siswa
menyelesaikan soal cerita matematika materi luas dan keliling bangun datar
sesudah menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantu
media papan berpaku.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui
pendekatan kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas IV berjumlah 16
orang. Data dikumpulkan berdasarkan observasi, dokumentasi dan pengukuran
dengan proses kerjanya melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi dalam 2 alur siklus. Data dipaparkan secara sistematis, faktual dan
kontekstual.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) kemampuan siswa
menyelesaikan soal cerita matematika materi luas dan keliling bangun datar
sebelum menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantu
media papan berpaku pada siswa kelas IV sangat rendah dengan nilai rata-rata
sebesar 42,69; (2) penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving
berbantu media papan berpaku sangat membantu siswa, hal ini tampak sangat
antusias dan aktif saat mengikuti pembelajaran; (3) kemampuan siswa
menyelesaikan soal cerita matematika materi luas dan keliling bangun datar
sesudah menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantu
media papan berpaku pada siswa kelas IV telah meningkat dari prasiklus, siklus
I dan siklus II. Pada prasiklus memperoleh nilai rata-rata sebesar 42,69; pada
siklus 1 memperoleh nilai rata-rata sebesar 67,13 dan pada siklus II memperoleh
nilai rata-rata sebesar 86,94. Dari prasiklus ke siklus I mendapatkan peningkatan
sebesar 24,44% dan dari siklus I ke siklus II mendapatkan peningkatan sebesar
19,81% |
en_US |