dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah di kelas V MI Babussalam
1 Kubu Raya yaitu rendahnya keterampilan peserta didik dalam menulis narasi.
Salah satu faktor yang memengaruhinya adalah model pembelajaran yang
digunakan. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk menggunakan model
pembelajaran TTW. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan hasil
pembelajaran menulis narasi sesbelum dan sesudah menerapkan model TTW,
menjelaskan langkah-langkah pelaksanaannya serta melihat hasil belajar menulis
narasi setelah menerapkan model TTW dengan memperhatiksn faktor-faktor yang
memengaruhinya.
Untuk menjawab penelitian ini, digunakan bentuk penelitian tindakan kelas
yang terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri atas satu kali pertemuan dan
dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder,
yaitu: 1) Sumber primer adalah guru dan peserta didik; 2) Sumber sekunder adalah
dokumentasi proses pembelajaran, bahan ajar, dan arsip tertulis yang berhubungan
dengan objek yang akan di teliti, melalui teknik pengumpulan data secara observasi,
wawancara, tes dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kemampuan guru mengajar
mulai dari siklus I sampai dengans siklus II secara berurutan yaitu 64% dan 71%.
Indikator kinerja seperti kesesuaian gagasan dikemukakan dari base line hingga
siklus II secara berurutan yaitu 63,2%; 79,5%; 85,7%, organisasi isi dari base line
hingga siklus II secara berurutan yaitu 57,1%; 68,5%; 77,1%, tata bahasa dari base
line hingga siklus II secara berurutan yaitu 64,2%; 64,2%; 71,4%, pilihan kata dari
base line hingga siklus II secara berurutan yaitu 66,6%; 79,0%; 87,6%, ejaan dari
base line hingga siklus II secara berurutan yaitu 42,8%; 54,2%; 65,7%. Hasil belajar
peserta didik mulai dari base line hingga siklus II secara berurutan yaitu 63,85;
72,42; 79,28.
Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada
setiap siklus. Dengan demikian penelitian menggunakan model pembelajaran Think
Talk Write dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis narasi. |
en_US |