dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa kelas V.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam
pembelajaran Tematik Tema 2 Subtema 3 Kelas V.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Prosedur penelitian berbentuk siklus yang terdiri dari empat tahap meliputi
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan
dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan
dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data menggunakan lembar panduan
observasi Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif menggunakan
mean(rata-rata) dan presentase. Strategi yang digunakan adalah strategi partner
switch dikolaborasikan dengan model kartu pasangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi partner switch
dikolaborasikan dengan model kartu pasangan dapat meningkatkan aktivitas
belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari presentase klasikal aktivitas belajar siswa
pada siklus 1 sebesar 71.67% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 86.09%.
Peneliti menyimpulkan bahwa penerapan strategi partner switch dikolaborasikan
dengan model kartu pasangan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam
pembelajaran Tematik Tema 2 Subtema 3 Kelas V SDI Al-Aziz Sungai
Ambawang Tahun Pelajaran 2019/2020. |
en_US |