MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF MAKE A MATCH DENGAN MEDIA KARTU DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA RAUDLATUL ULUM 1 PARIT MAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hariansyah
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.author MUNADAH
dc.date.accessioned 2022-11-28T03:06:11Z
dc.date.available 2022-11-28T03:06:11Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1843
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini yakni dilatar belsksngi: 1) hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik sebelum menggunakan model kooperatif make a match dengan media kartu. 2) Penerapan model kooperatif make a match dengan media kartu di kelas IV MIS Raudlatul Ulum 1 Parit Mas. 3) Hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik sesudah menggunakan model kooperatif make a match dengan media kartu di kelas IV MIS Raudlatul Ulum 1 Parit Mas. 4) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik menggunakan model kooperatif make a match dengan media kartu di kelas IV MIS Raudlatul Ulum 1 Parit Mas. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bersifat kolaboratif yang dilakukan oleh peneliti dan guru kelas. Pengumpulan data menggunakan observasi, pengukuran, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Raudlatul Ulum 1 Parit Mas yang berjumlah 14 orang peserta didik. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model kooperatif make a match dengan media kartu dengan perolehan rata-rata 59,28 dan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 35,71%. 2) Penerapan model kooperatif make a match dengan media kartu di kelas IV MIS Raudlatul Ulum 1 Parit Mas. Pada siklus I kegiatan guru memperoleh persentase sebesar 80%, siklus II sebesar 95%. Kegiatan siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 72,5%, siklus II sebesar 90%. 3) hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan model kooperatif make a match dengan media kartu meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 72,14 dengan persentase ketuntasan 64,29%, pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 89,29 dengan persentase ketuntasan 85,71%. 4) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model kooperatif make a match dengan media kartu sebesar 50%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Model Kooperatif Make A Match en_US
dc.subject Media Kartu en_US
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF MAKE A MATCH DENGAN MEDIA KARTU DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA RAUDLATUL ULUM 1 PARIT MAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account