dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini yakni dilatar belsksngi: 1) hasil belajar peserta didik
pada pembelajaran tematik sebelum menggunakan model kooperatif make a match
dengan media kartu. 2) Penerapan model kooperatif make a match dengan media
kartu di kelas IV MIS Raudlatul Ulum 1 Parit Mas. 3) Hasil belajar siswa pada
pembelajaran tematik sesudah menggunakan model kooperatif make a match dengan
media kartu di kelas IV MIS Raudlatul Ulum 1 Parit Mas. 4) Terdapat peningkatan
hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik menggunakan model kooperatif make a
match dengan media kartu di kelas IV MIS Raudlatul Ulum 1 Parit Mas.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
bersifat kolaboratif yang dilakukan oleh peneliti dan guru kelas. Pengumpulan data
menggunakan observasi, pengukuran, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Raudlatul Ulum 1 Parit Mas yang berjumlah
14 orang peserta didik.
Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum
menggunakan model kooperatif make a match dengan media kartu dengan perolehan
rata-rata 59,28 dan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 35,71%. 2)
Penerapan model kooperatif make a match dengan media kartu di kelas IV MIS
Raudlatul Ulum 1 Parit Mas. Pada siklus I kegiatan guru memperoleh persentase
sebesar 80%, siklus II sebesar 95%. Kegiatan siswa pada siklus I memperoleh
persentase sebesar 72,5%, siklus II sebesar 90%. 3) hasil belajar peserta didik sesudah
menggunakan model kooperatif make a match dengan media kartu meningkat dari
siklus I dan siklus II. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 72,14 dengan
persentase ketuntasan 64,29%, pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 89,29
dengan persentase ketuntasan 85,71%. 4) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta
didik dengan menggunakan model kooperatif make a match dengan media kartu
sebesar 50%. |
en_US |