dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan membaca
puisi peserta didik kelas IV di MIS Bawari Pontianak. Tujuan dari penelitian ini
adalah: Untuk mengetahui perbedaan hasil kemampuan membaca puisi kelas
eksperimen yang diajar menggunakan media audio visual dengan kelas kontrol
yang diajar menggunakan media aplikasi Whatsaap pada materi Tema 6 Cita-
citaku Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Bawari Pontianak Tahun Pelajaran
2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan desain penelitian
True Eksperimental Design menggunakan Post test-Only Control Group. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Bawari
Pontianak tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 2 kelas (42 peserta didik). Sampel
penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu semua populasi menjadi
sampel penelitian. Instrumen untuk pengambilan data penelitian menggunakan tes
kemampuan membaca puisi peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil
kemampuan membaca puisi kelas eksperimen yang diajar menggunakan media
audio visual dengan kelas kontrol yang diajar menggunakan media Whatsaap. Hal
ini ditunjukkan dari nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 70,05 lebih besar dari
pada nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 57,67 dan nilai signifikansi sebesar 0,002
lebih kecil dari 0,05 (0,002<0,05). Hal ini berarti penggunaan media berupa audio
visual sudah dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran.
Analisis data menggunakan uji paired sample t-est menunjukan nilai t hitung
3,303 > t tabel 2,021 dengan nilai signifikansi 0,04 < 0,05. Oleh karena itu dapat
ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual
terhadap kemampuan membaca puisi tema 6 cita-citaku kelas IV di Madrasah
Ibtidaiyah Swasta Bawari Pontianak tahun pelajaran 2021/2022. |
en_US |