PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI TEMA 6 CITA-CITAKU KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA BAWARI PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Aprliyanti, Media
dc.contributor.advisor Fitra Prisuna, Bayu
dc.contributor.author ISTIQOMAH, MITA
dc.date.accessioned 2022-11-27T12:03:30Z
dc.date.available 2022-11-27T12:03:30Z
dc.date.issued 2022-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1842
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan membaca puisi peserta didik kelas IV di MIS Bawari Pontianak. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui perbedaan hasil kemampuan membaca puisi kelas eksperimen yang diajar menggunakan media audio visual dengan kelas kontrol yang diajar menggunakan media aplikasi Whatsaap pada materi Tema 6 Cita- citaku Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Bawari Pontianak Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan desain penelitian True Eksperimental Design menggunakan Post test-Only Control Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Bawari Pontianak tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 2 kelas (42 peserta didik). Sampel penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu semua populasi menjadi sampel penelitian. Instrumen untuk pengambilan data penelitian menggunakan tes kemampuan membaca puisi peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil kemampuan membaca puisi kelas eksperimen yang diajar menggunakan media audio visual dengan kelas kontrol yang diajar menggunakan media Whatsaap. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 70,05 lebih besar dari pada nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 57,67 dan nilai signifikansi sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05 (0,002<0,05). Hal ini berarti penggunaan media berupa audio visual sudah dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran. Analisis data menggunakan uji paired sample t-est menunjukan nilai t hitung 3,303 > t tabel 2,021 dengan nilai signifikansi 0,04 < 0,05. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan membaca puisi tema 6 cita-citaku kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Bawari Pontianak tahun pelajaran 2021/2022. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media Audio Visual en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Puisi en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI TEMA 6 CITA-CITAKU KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA BAWARI PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account