ANALISIS PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA PADA MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PAKAIAN ADAT KELAS IV SDIT AL MADINAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahrani
dc.contributor.advisor Fathurrosi
dc.contributor.author FEBILIANTY, MIA
dc.date.accessioned 2022-11-27T11:54:21Z
dc.date.available 2022-11-27T11:54:21Z
dc.date.issued 2022-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1841
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar peserta didik pada pelajaran IPS materi pakaian adat, sehingga perlu adanya perbaikan pada minat belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) minat belajar peserta didik sebelum menggunakan media diorama pada materi pakaian adat kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Madinah Pontianak (2) minat belajar peserta didik setelah menggunakan media diorama pada materi pakaian adat kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Madinah Pontianak (3) Apakah terdapat perbedaan penggunaan media diorama pada minat belajar peserta didik materi pakaian adat kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Madinah Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan jenis Penelitian Pre- Eksperiment dan menggunakan desain One Group Pre-test Pos-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Madinah Pontianak yang berjumlah 31 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dan jenis sampling total dengan jumlah sampel sebanyak 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dokumentasi. Validitas instrumen dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen dihitung dengan rumus alpha cronbach. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan analisis data inferensial dan uji hipotesis dengan menggunakan uji paired T-test. Hasil peneliian menunjukan bahwa: (1) rata-rata minat belajar peserta didik sebelum menggunakan media diorama diperoleh hasil sebesar 63,23, (2) rata-rata minat belajar peserta didik setelah menggunakan media diorama diperoleh hasil sebesar 85,42, (3) terdapat perbedaan penggunaan media diorama pada minat belajar peserta didik materi pakaian adat kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Madinah Pontianak. Berdasarkan hasil uji t-test bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan adanya perbedaan penggunaan media diorama pada minat belajar peserta didik materi pakaian adat kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Madinah Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media Diorama en_US
dc.subject Minat Belajar en_US
dc.subject Pakaian Adat en_US
dc.title ANALISIS PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA PADA MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PAKAIAN ADAT KELAS IV SDIT AL MADINAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account