PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DIVARIASIKAN DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SDI AL-AZIZ SUNGAI AMBAWANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosila Wati, Ana
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author MEGAWATI
dc.date.accessioned 2022-11-27T06:13:30Z
dc.date.available 2022-11-27T06:13:30Z
dc.date.issued 2022-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1839
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia subtema 2 Manusia dan Lingkungan pada materi sistem gerak manusia. Hal ini dapat dilihat dalam proses kegiatan pembelajaran masih terdapat peserta didik yang pasif, kurang memperhatikan saat guru menjelaskan materi, kurang bersemangat dan cepat bosan saat mengikuti pembelajaran. Selain itu, peserta didik terlihat seperti mengantuk, kurang konsentrasi, asik bermain pulpen dan bicara dengan teman sebangkunya. Akibatnya peserta didik kurang memahami materi yang sudah disampaikan guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan empat tahap, yakni: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pengukuran, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, pedoman tes, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus mean dan persentase ketuntasan. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa model pembelajaran Course Review Horay yang divariasikan dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V di SDI Al-Aziz. Hal ini terlihat pada data awal sebelum penggunaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) yang divariasikan dengan media video nilai rata-rata peserta didik 58,57 dengan persentase (28,57%), kemudian pada siklus I setelah menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) yang divariasikan dengan media video nilai rata-rata peserta didik 81,42 dengan persentase (78,57%), kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 89,28 dengan persentase (92,86%). Melihat dari kedua siklus tersebut maka peneliti menyatakan terdapat peningkatan yang signifikan setelah menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dengan target ketuntasan minimal 73% dan rata-rata 73.00 sehingga tingkat keberhasilan peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Hasil Belajar Peserta Didik en_US
dc.subject Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) en_US
dc.subject Media Video en_US
dc.title PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DIVARIASIKAN DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SDI AL-AZIZ SUNGAI AMBAWANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account