PENGARUH PENERAPAN HOME VISIT METHOD TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KONVERSI SATUAN KELAS III SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.author MAYA
dc.date.accessioned 2022-11-27T06:05:35Z
dc.date.available 2022-11-27T06:05:35Z
dc.date.issued 2021-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1838
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas belajar peserta didik yang tidak berlangsung sebagaimana mestinya (tatap muka) dikarenakan wabah Covid-19. Sehingga menyebabkan beberapa kendala yang menghambat aktivitas belajar peserta didik. Diantaranya peserta didik tidak megikuti pembelajaran dari awal hingga akhir, kurang interaksi antara sesama peserta didik dan guru, peserta didik hanya mengisi absen, dan tugas yang diberikan tidak langsung dikerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Penerapan Home Visit Method terhadap aktivitas belajar pada materi Konversi Satuan. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak, kelas III Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experiment (Eksperimen Semu) yaitu penelitian Nonequivalent Control Group yaitu penelitian eksperimen yang dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen (kelas yang diberikan perlakuan) dan kelas kontrol (tidak diberikan perlakuan), dimana aggotanya tidak ditentukan secara random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Home Visit Method pada pembelajaran Tema 6 Subtema 1 Materi Konversi Satuan kelas III Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 sudah terlaksana yaitu aktivitas Visual, Listening, Writting, Mental,dan Emotional. (2) Aktivitas Belajar dengan penerapan Home Visit Method pada Tema 6 Subtema 1 Materi Konversi Satuan kelas III di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 mengalami peningkatan dari rataa-rata skor post-test kelas eksperimen sebesar 89,87 mejadi sebesar 50,83. Dengan demikian terdapat peningkatan persentase skor pre-test dan post-test sebesar 51,8 %. Nilai signifikansinya pada tabel Coefficients (Uji hipotesis) adalah sebesar 0,000 < Alpha (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar menggunakan Home Visit Method lebih meningkat dibandingkan dengan pembelajaran Daring. (3) Terdapat pengaruh penerapan Home Visit Method terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Tema 6 Subtema 1 Materi Konversi Satuan dengan Signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak, artinya ada pengaruh signifikan dari pembelajaran Home Visit Method terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas III Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak. (4) Besar pengaruh dimaksud (koefisien determinasi) = R Square = 0,518 yang berarti bahwa pengaruh penerapan Home Visit Method terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik adalah sebesar 51,8%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Penerapan Home Visit Method en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN HOME VISIT METHOD TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KONVERSI SATUAN KELAS III SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account