dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas belajar peserta didik yang tidak
berlangsung sebagaimana mestinya (tatap muka) dikarenakan wabah Covid-19.
Sehingga menyebabkan beberapa kendala yang menghambat aktivitas belajar peserta
didik. Diantaranya peserta didik tidak megikuti pembelajaran dari awal hingga akhir,
kurang interaksi antara sesama peserta didik dan guru, peserta didik hanya mengisi
absen, dan tugas yang diberikan tidak langsung dikerjakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Penerapan Home
Visit Method terhadap aktivitas belajar pada materi Konversi Satuan. Penelitian ini
dilaksanakan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak, kelas III Tahun Pelajaran
2020/2021. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Eksperimen dengan desain
penelitian Quasi Experiment (Eksperimen Semu) yaitu penelitian Nonequivalent
Control Group yaitu penelitian eksperimen yang dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas
eksperimen (kelas yang diberikan perlakuan) dan kelas kontrol (tidak diberikan
perlakuan), dimana aggotanya tidak ditentukan secara random.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Home Visit Method pada
pembelajaran Tema 6 Subtema 1 Materi Konversi Satuan kelas III Sekolah Dasar
Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 sudah terlaksana yaitu
aktivitas Visual, Listening, Writting, Mental,dan Emotional. (2) Aktivitas Belajar
dengan penerapan Home Visit Method pada Tema 6 Subtema 1 Materi Konversi Satuan
kelas III di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021
mengalami peningkatan dari rataa-rata skor post-test kelas eksperimen sebesar 89,87
mejadi sebesar 50,83. Dengan demikian terdapat peningkatan persentase skor pre-test
dan post-test sebesar 51,8 %. Nilai signifikansinya pada tabel Coefficients (Uji
hipotesis) adalah sebesar 0,000 < Alpha (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa
aktivitas belajar menggunakan Home Visit Method lebih meningkat dibandingkan
dengan pembelajaran Daring. (3) Terdapat pengaruh penerapan Home Visit Method
terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Tema 6 Subtema 1 Materi Konversi
Satuan dengan Signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak, artinya ada
pengaruh signifikan dari pembelajaran Home Visit Method terhadap aktivitas belajar
peserta didik kelas III Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak. (4) Besar pengaruh
dimaksud (koefisien determinasi) = R Square = 0,518 yang berarti bahwa pengaruh
penerapan Home Visit Method terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik adalah sebesar
51,8%. |
en_US |