ANALISIS SWOT PADA PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK BERBASIS GOOGLE FORM DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA MAS’UDI PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini
dc.contributor.advisor Tesi Muskania, Ricka
dc.contributor.author CAHYONO SETIA BUDI, HERI
dc.date.accessioned 2022-11-27T05:18:37Z
dc.date.available 2022-11-27T05:18:37Z
dc.date.issued 2022-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1836
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: 1) Strength (kekuatan) dari pelaksanaan evaluasi menggunakan google form di masa pandemi covid-19; 2) Weakness (kelemahan) dari pelaksanaan evaluasi menggunakan google form di masa pandemi covid-19; 3) Opportunity (peluang) dari pelaksanaan evaluasi menggunakan google form di masa pandemi covid-19; 4) Threats (ancaman) dari pelaksanaan evaluasi menggunakan google form di masa pandemi covid-19 di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Mas’udi Pontianak. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Wawancara ditujukan kepada Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru kelas V dan peserta didik serta dokumentasi seluruh dokumen yang sesuai dengan tujuan penelitian. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, display data dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Strenghts (kekuatan) dari penggunaan google form pada evaluasi pembelajaran di masa pandemi covid-19 diantaranya adalah dapat turut menjaga protokol covid-19, dan tetap dapat melakukan proses evaluasi pembelajaran tanpa terhalang pandemi; 2) Weakness (kelemahan) dari penggunaan google form untuk evaluasi pembelajaran adalah belum terdukungnya jaringan yang stabil, tidak dapat melakukan pengawasan langsung terhadap peserta didik, belum tercukupinya kuota internet peserta didik jika hanya mengandalkan kuota gratis dari Madrasah dan harus lebih intens dalam melakukan komunikasi baik terhadap peserta didik maupun orangtua peserta didik; 3) Opportunity (peluang) dari penggunaan google form untuk dijadikan alat evaluasi pembelajaran adalah membuka peluang kolaborasi antara guru dan orangtua dalam melakukan proses evaluasi peserta didik dan membuka peluang bagi guru untuk meningkatkan kompetensi terkait dengan penggunaan teknologi secara tepat dan cermat untuk pembelajaran; 4) Threats (ancaman) dari melaksanakan evaluasi menggunakan google form khususnya di MIS Mas’udi yaitu dalam jangka panjang dapat menurunkan tingkat literasi buku sebab lebih menarik menggunakan teknologi dalam belajar yang mengakibatkan ketergantungan, adapun berkaitan kedekatan emosional antara guru dan peserta didik memungkinkan berkurang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Analisis SWOT en_US
dc.subject Evaluasi Pembelajaran en_US
dc.subject Google From en_US
dc.title ANALISIS SWOT PADA PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK BERBASIS GOOGLE FORM DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA MAS’UDI PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account