MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DAKON PADA MATERI SATUAN PANJANG DAN SATUAN BERAT KELAS IV DI MI DARUL HUDA PADANG TIKAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi
dc.contributor.advisor Zulkarnain
dc.contributor.author TUSSA’ADAH, HALIMAH
dc.date.accessioned 2022-11-27T04:14:44Z
dc.date.available 2022-11-27T04:14:44Z
dc.date.issued 2021-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1832
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya aktivitas belajar peserta didik dan guru tidak menggunakan media pada pembelajaran matematika materi satuan panjang dan satuan berat saat mengajar di dalam kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Aktivitas belajar siswa kelas IV sebelum menggunakan media dakon pada pembelajaran matematika materi satuan panjang dan satuan berat. 2) Pelaksanaan penggunaan media dakon. 3) Aktivitas belajar peserta didik kelas IV setelah menggunakan media dakon pada pembelajaran matematika materi satuan panjang dan satuan berat. 4) Signifikansi peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas IV pada materi satuan panjang dan satuan berat di MI Darul Huda Padang Tikar Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan bentuk Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research (CAR) yang terdiri dari empat komponen yakni tahap perencanaan (Planning), tahap pelaksanaan (Actuating), tahap pengamatan (Observing), dan tahap refleksi (Reflecting) melalui pendekatan kuantitatif. Kemudian teknik yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi langsung dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif . Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Aktivitas belajar peserta didik kelas IV sebelum menggunakan dakon tergolong rendah yaitu dengan persentase sebesar 30%. 2) pelaksanaan penggunaan media dakon telah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah penggunaannya. 3) Sesudah menggunakan media dakon aktivitas belajar pada siklus I memperoleh persentase sebesar 60%, selanjutnya pada siklus II memperoleh persentase sebesar 83%, terjadi peningkatan dari prasiklus hingga siklus I sebesar 30%, dari siklus I hingga siklus II sebesar 23%. 4) Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV sebelum dan sesudah menggunakan media dakon pada pembelajaran matematika materi satuan panjang dan satuan berat sebesar 53%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Aktivitas belajar en_US
dc.subject Media pembelajaran Dakon en_US
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DAKON PADA MATERI SATUAN PANJANG DAN SATUAN BERAT KELAS IV DI MI DARUL HUDA PADANG TIKAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account