dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: Pertama, perencanaan
pengelolaan pembelajaran tematik dengan sistem daring peserta didik kelas III di
SD Muhamadiyah 1 Pontianak tahun pelajaran 2020/2021. Kedua, pelaksanaan
pengelolaan pembelajaran tematik dengan sistem daring peserta didik kelas III di
SD Muhamadiyah 1 Pontianak tahun Pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
Deskriptif. Lokasi penelitian ini bertempat di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 1
Pontianak kelas III yang beralamat di Jl Dr. Sutomo Kota Baru, Pontianak Kota
dengan sumber datanya adalah guru kelas III. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah teknik Observasi langsung, Komunikasi langsung/Wawancara,
dan dokumentasi. Alat pengumpulan data Lembar observasi, kamera/hp, buku,
pulpen dan lembar wawancara. Analisis data menggunakan analisis Reduksi Data,
Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan.
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: Pertama, dalam
perencanaan pembelajaran daring guru telah merancang RPP daring yang akan
digunakan. Kemudian mempersiapkan media pembelajaran serta bahan ajar yang
sesuai untuk pembelajaran daring. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran daring di SD
Muhamadiyah 1 Pontianak Kota sudah terlaksana dengan cukup baik. Dalam
pelaksanaan pembelajaran daring guru dan peserta didik menggunakan Whatsapp
dan Google classroom. Kemudian guru menggunakan media berupa video,
penggunaan media pembelajaran berupa video pembelajaran bertujuan untuk
mempermudah peserta didik dalam memahami materi. |
en_US |