PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI MEDIA TIMBANGAN BILANGAN PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA PASAK PIANG KECAMATAN AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Tesi Muskania, Ricka
dc.contributor.author ALFANDI, RONY
dc.date.accessioned 2022-11-25T02:58:13Z
dc.date.available 2022-11-25T02:58:13Z
dc.date.issued 2020-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1814
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian siswa yang kurang atau masih yang belum tercapai dalam menghitung perkalian dan pembagian waktu guru menyampaikan materi tentang perkalian dan pembagian, siswa tidak di bimbing dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik pusat perhatian siswa. Media pembelajaran yang di gunakan guru kurang efektif sehingga tidak melibatkan siswa secara aktif, media yang digunakan harus menarik agar siswa menjadi fokus dalam menerima pelajaran, dengan kata lain terdapat kesenjangan antara harapan dan kenyataan. media pembelajaran harus yang dapat mendorong siswa untuk dapat meraba, mendemontrasikan, menghitung, dan menafsirkan apa yang dipegang dengan bebas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian menggunakan media timbangan bilangan pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Pasak Piang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini peserta siswa dan guru. Jumlah peserta didik kelas III 15 orang, penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bertempat di kelas III MI Nurul Huda Pasak Piang. Prosedur yang digunakan ada 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis, observasi, dan dokumentasi dengan alat pengumpulan data adalah lembar penilaian, lembar observasi siswa dan guru dan pedoman penelusuran dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini secara kuantitatif dengan menggunaka rumus mean dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian sebelum menggunakan media timbangan bilangan diperoleh nilai rata-rata 64, 46, sedangkan nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu 65. Maka nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan media timbangan bilangan sebelum tindakan belum berada pada kriteria tuntas. Terdapat 60% dari 15 siswa yaitu 9 siswa yang tuntas, sedangkan 40% dari 15 siswa yaitu 6 siswa yang tidak tuntas. 2) Hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian menggunakan media timbangan bilangan pada siklus I materi perkalian terdapat 12 siswa memperoleh nilai rata-rata 70,00 dengan presentase 80%, sedangkan materi pembagian terdapat 13 siswa memperoleh nilai rata-rata 72,00 dengan presentase 87%. Jadi kriteria nilai rata-rata telah mencapai ketuntasan dengan baik. 3) Hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian menggunakan media timbangan bilangan pada siklus II materi perkalian terdapat 15 siswa yang memperoleh nilai rata-rata 77,00 dengan presentase 100%, sedangkan materi pembagian terdapat 15 siswa yang imemperoleh nilai rata-rata 76% dengan presentase 100%. Jadi kriteria nilai rata- rata telah mencapai ketuntasan dengan sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah yang signifikan dengan menggunakan media timbangan bilangan dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian siswa kelas III MI Nurul Huda Pasak Piang. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian melalui media timbangan bilangan yang dapat mendorong siswa untuk dapat meraba, mendemontrasikan, menghitung, dan menafsirkan apa yang dipegang dengan bebas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Media Timbangan Bilangan en_US
dc.title PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI MEDIA TIMBANGAN BILANGAN PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA PASAK PIANG KECAMATAN AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2018/2019 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account