dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan suatu produk berupa buku
pendamping tematik yang berkaitan dengan kearifan lokal guna
memperkenalkan kearifan lokal kepada peserta didik sesuai dengan daerah
tempat tinggalnya khususnya di Kalimantan Barat.
Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang
menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang telah
diadaptasi menjadi tahapan penelitian sebagai berikut 1) Penemuan produk,
2) Pembuatan produk, 3) Pengembangan produk dan 4) Diseminasi produk.
Hasil penilaian validator ahli desain sampul dan desain isi buku pada
pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal Kalimantan Barat kelas III
Tema 7 dan 8 mendapatkan nilai persentase 93%. Hasil penilaian validator
ahli bahasa pada pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal
Kalimantan Barat kelas III Tema 7 dan 8 mendapatkan nilai persentase 90%.
Hasil dari penilaian validator ahli kelayakan isi materi pada pengembangan
bahan ajar berbasis kearifan lokal Kalimantan Barat kelas III Tema 7 dan 8
Mendapatkan nilai persentase 90%. Hasil penilaian validator ahli penyajian
materi pada pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal Kalimantan
Barat kelas III Tema 7 dan 8 Mendapatkan nilai persentase sebesar 96%.
Hasil dari dari penilaian validator ahli Aspek kelayakan dalam penggunaan
bahan ajar berupa buku siswa kelas III berbasis kearifan lokal Kalimantan
Barat Tema 7 dan 8 mendapatkan nilai persentase sebesar 100%.
Berdasarkan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar
tematik berbasis kearifan lokal Kalimantan Barat kelas III Tema 7 dan 8 layak
dan dapat dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran di kelas. |
en_US |