dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan tahapan
penggunaan metode global dan media kartu kata bergambar pada pembelajaran
tematik tema 3 Kegiatanku Kelas I SDN 12 Nanga Tayap Tahun Pelajaran
2020/2021. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan membaca sebelum
menggunakan metode global dan media kartu kata bergambar pada pembelajaran
tematik tema 3 Kegiatanku Kelas I SDN 12 Nanga Tayap Tahun Pelajaran
2020/2021. (3) Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca
permulaan setelah menggunakan metode global dan media kartu kata bergambar
pada pembelajaran tematik tema 3 Kegiatanku Kelas I Nanga Tayap Tahun
Pelajaran 2020/2021. (4) Untuk mendeskripsikan apakah ada peningkatan
kemampuan membaca permulaan setelah menggunakan metode global dan media
kartu kata bergambar pada pembelajaran tematik tema 3 Kegiatanku Kelas I SDN
12 Nanga Tayap Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian
deskriptif jenisnya tindakan kelas (PTK), yang teridir atas 4 tahap yaitu: tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Penelitian
ini bersifat kaloboratif yang dilakukan oleh peneliti dan guru kelas. Sumber data
dalam penelitian ini wali kelas dan siswa kelas I SDN 12 Nanga Tayap. Teknik
alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes membaca,
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif presentase.
Hasil penelitian ini dapat menimpulkan: (1) Tahapan penggunaan metode
global dan media kartu kata bergambar pada sudah dilaksanakan oleh guru sesuai
dengan langkah-langkah penggunaan metode global dan media kartu kata
bergambar. (2) Kemampuan membaca permulaan siswa sebelum menggunakan
metode global dan media kartu kata bergambar sangat rendah. Hal ini dibuktikan
hanya 12 siswa dari 28 siswa yang sudah bisa membaca yaitu 42,86% dengan
nilai rata-rata 50,71 yang nilainya mencapai KKM 70. (3) Kemampuan membaca
permulaan setelah penggunaan metode global dan media kartu kata bergambar
siswa terjadi peningkatan. Pada pelaksanaan pratindakan siswa yang mencapai
KKM 70 hanya 12 siswa dengan nilai rata-rata 50,71 dan presentase 42,86%.
Siklus I siswa yang dinyatakan berhasil sebanyak 21 siswa dengan nilai rata-rata
70,53 dan presentase 75%. Pada siklus II siswa yang dinyatakan berhasil
sebanyak 25 siswa dengan nilai rata-rata 80 dan presentase 89,29%. (4) Terdapat
peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca siswa setelah
menggunakan metode global dan media kartu kata bergambar di kelas I SDN 12
Nanga Tayap. Dalam penelitian ini pada pembelajaran prasiklus dari 28 siswa
yang mencapai KKM 70 hanya 12 siswa dengan nilai rata-rata 50,71 dan
ipresentase 42,86%, dan pada siklus I siswa yang mecapai KKM 70 meningkat
menjadi 21 siswa dengan nilai rata-rata 70,53 dan presentase 75%, dan pada siklus
II siswa yang mencapai KKM 70 sebanyak 25 siswa dengan nilai rata-rata 80 dan
presentase 89,29%. Adapun persentase peningkatan siswa yang mencapai KKM
dari 42,86% menjadi 89,29% selisih peningkatannya sebesar 46.43%. |
en_US |