PENGARUH PENGGUNAAN DIGITAL STORYTELLING TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah
dc.contributor.advisor Kartini
dc.contributor.author SYAKIRA NURKHALISA, FATIN
dc.date.accessioned 2022-11-24T05:40:49Z
dc.date.available 2022-11-24T05:40:49Z
dc.date.issued 2021-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1805
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Penggunaan digital storytelling dalam pembelajaran tematik tema 8 subtema 3 bangga terhadap daerah tempat tinggalku materi teks fiksi pada peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021; 2) Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 8 subtema 3 bangga terhadap daerah tempat tinggalku materi teks fiksi pada peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021; 3) Besar pengaruh penggunaan digital storytelling terhadap hasil belajar dalam pembelajaran tematik tema 8 subtema 3 bangga terhadap daerah tempat tinggalku materi teks fiksi di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis rancangan eksperimentasi Quasi Experimental dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Sumber data pada penelitian ini yaitu sampel kelas IV B dan kelas IV C SD Muhammadiyah 2 Pontianak. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik pengukuran berbentuk tes tertulis dengan soal pilihan ganda dan observasi dengan instrumen berbentuk check list. Untuk menganalisis data penelitian maka peneliti menguji normalitas data pretest dan posttes, setelah diuji data yang diperoleh tidak berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan uji non parametrik U Mann Whitney, Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penggunaan digital storytelling pada Tema 8 daerah tempat tinggalku materi teks fiksi telah dilaksanakan dengan sangat baik yang diamati langsung oleh peneliti dan memiliki nilai persentase sebesar 92 %. Langkah-langkahnya dengan pemberian soal test lewat edmodo dengan tujuan untuk mengetahui tujuan ketercapaian pada pembelajaran yang telah ditentukan; 2) Pada kelas eksperimen memiliki nilai rata- rata pretest 42.66 dan nilai rata-rata posttest 84.66. Sedangkan di kelas kontrol yang diajarkan dengan media konvensional memiliki nilai rata-rata pretest 43.58 dan nilai rata-rata posttest 78.22; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan digital storytelling terhadap hasil belajar dalam pembelajaran tematik tema 8 subtema 3 bangga terhadap daerah tempat tinggalku materi teks fiksi di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini berdasarkan hasil analisis non parametrik U Man Whitneymenggunakan Software SPSS 16, dapat dilihat dari nilai sig. 0.014 < 0.05, maka hipotesis alternatif (H a ) diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan, dan mempunyai pengaruh yang besar berdasarkan Effect Size 0,73. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject digital storytelling en_US
dc.subject hasil belajar. en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN DIGITAL STORYTELLING TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account