dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Penggunaan digital
storytelling dalam pembelajaran tematik tema 8 subtema 3 bangga terhadap
daerah tempat tinggalku materi teks fiksi pada peserta didik Kelas IV Sekolah
Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021; 2) Hasil belajar
peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 8 subtema 3 bangga terhadap
daerah tempat tinggalku materi teks fiksi pada peserta didik Kelas IV Sekolah
Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021; 3) Besar
pengaruh penggunaan digital storytelling terhadap hasil belajar dalam
pembelajaran tematik tema 8 subtema 3 bangga terhadap daerah tempat tinggalku
materi teks fiksi di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun
Pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis rancangan
eksperimentasi Quasi Experimental dengan jenis Nonequivalent Control Group
Design. Sumber data pada penelitian ini yaitu sampel kelas IV B dan kelas IV C
SD Muhammadiyah 2 Pontianak. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu teknik pengukuran berbentuk tes tertulis dengan soal pilihan ganda dan
observasi dengan instrumen berbentuk check list. Untuk menganalisis data
penelitian maka peneliti menguji normalitas data pretest dan posttes, setelah diuji
data yang diperoleh tidak berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan uji non
parametrik U Mann Whitney,
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penggunaan
digital storytelling pada Tema 8 daerah tempat tinggalku materi teks fiksi telah
dilaksanakan dengan sangat baik yang diamati langsung oleh peneliti dan
memiliki nilai persentase sebesar 92 %. Langkah-langkahnya dengan pemberian
soal test lewat edmodo dengan tujuan untuk mengetahui tujuan ketercapaian pada
pembelajaran yang telah ditentukan; 2) Pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-
rata pretest 42.66 dan nilai rata-rata posttest 84.66. Sedangkan di kelas kontrol
yang diajarkan dengan media konvensional memiliki nilai rata-rata pretest 43.58
dan nilai rata-rata posttest 78.22; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam
penggunaan digital storytelling terhadap hasil belajar dalam pembelajaran tematik
tema 8 subtema 3 bangga terhadap daerah tempat tinggalku materi teks fiksi di
Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021.
Hal ini berdasarkan hasil analisis non parametrik U Man Whitneymenggunakan
Software SPSS 16, dapat dilihat dari nilai sig. 0.014 < 0.05, maka hipotesis
alternatif (H a ) diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan, dan
mempunyai pengaruh yang besar berdasarkan Effect Size 0,73. |
en_US |