KEMAMPUAN MEMBACA PUISI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini
dc.contributor.advisor Rahnang
dc.contributor.author ELINUR
dc.date.accessioned 2022-11-24T05:33:06Z
dc.date.available 2022-11-24T05:33:06Z
dc.date.issued 2021-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1804
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi tentang masalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam membaca puisi dari aspek pelafalan, intonasi, penempatan jeda, dan ekspresi yang masih kurang baik dan benar. Dan juga dipengaruhi oleh kurangnya pemahaman dalam unsur-unsur pembacaan puisi dan kurangnya minat peserta didik dalam pembelajaran membaca puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan rata-rata membaca puisi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak, kelas IV semester II tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini meliputi seluruh peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 berjumlah 163 peserta didik. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IVA. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes (pertanyaan uraian). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Aspek penilaian kemampuan membaca puisi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 ada empat yang berdasar pada unsur-unsur pembacaan puisi yaitu: Aspek pelafalan, aspek intonasi, aspek penempatan jeda, dan aspek ekspresi. Peserta didik dikatakan mampu apabila memiliki penguasaan dari setiap aspek yaitu 75% ke atas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan membaca puisi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 ditinjau dari aspek yang telah diteskan yaitu dari aspek pelafalan, intonasi, penempatan jeda, dan ekspresi dikategorikan sebagai berikut: 1) pelafalan peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 ketika membaca puisi dikategorikan mampu dengan persentase 85%, 2) intonasi peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 ketika membaca puisi dikategorikan tidak mampu dengan persentas 52%, 3) penempatan jeda peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 ketika membaca puisi dikategorikan tidak mampu dengan persentase 41%, dan 4) ekpresi peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 ketika membaca puisi dikategorikan tidak mampu dengan persentase 22%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Puisi en_US
dc.title KEMAMPUAN MEMBACA PUISI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account