dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi tentang masalah peserta didik kelas IV
Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021
dalam membaca puisi dari aspek pelafalan, intonasi, penempatan jeda, dan
ekspresi yang masih kurang baik dan benar. Dan juga dipengaruhi oleh
kurangnya pemahaman dalam unsur-unsur pembacaan puisi dan kurangnya
minat peserta didik dalam pembelajaran membaca puisi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan rata-rata
membaca puisi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 2
Pontianak, kelas IV semester II tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini
adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini meliputi
seluruh peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pontianak
Tahun Pelajaran 2020/2021 berjumlah 163 peserta didik. Penentuan sampel
dalam penelitian ini dilakukan secara acak dan yang menjadi sampel dalam
penelitian ini yaitu kelas IVA. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah tes (pertanyaan uraian). Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Aspek
penilaian kemampuan membaca puisi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar
Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 ada empat yang
berdasar pada unsur-unsur pembacaan puisi yaitu: Aspek pelafalan, aspek
intonasi, aspek penempatan jeda, dan aspek ekspresi. Peserta didik dikatakan
mampu apabila memiliki penguasaan dari setiap aspek yaitu 75% ke atas.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan
membaca puisi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 2
Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 ditinjau dari aspek yang telah diteskan
yaitu dari aspek pelafalan, intonasi, penempatan jeda, dan ekspresi
dikategorikan sebagai berikut: 1) pelafalan peserta didik kelas IV SD
Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 ketika membaca
puisi dikategorikan mampu dengan persentase 85%, 2) intonasi peserta didik
kelas IV SD Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 ketika
membaca puisi dikategorikan tidak mampu dengan persentas 52%, 3)
penempatan jeda peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 2 Pontianak
Tahun Pelajaran 2020/2021 ketika membaca puisi dikategorikan tidak
mampu dengan persentase 41%, dan 4) ekpresi peserta didik kelas IV SD
Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021 ketika membaca
puisi dikategorikan tidak mampu dengan persentase 22%. |
en_US |