PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA PENGALAMAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TONGKAT BERPAKAIAN MELAYU PADA SISWA KELAS III B SDIT HARUNIYAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini
dc.contributor.advisor Djarot, Muhammad
dc.contributor.author PUTRIANA
dc.date.accessioned 2022-11-23T12:43:05Z
dc.date.available 2022-11-23T12:43:05Z
dc.date.issued 2020-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1795
dc.description.abstract Latar belakang peningkatan kemampuan bercerita pengalaman dengan menggunakan media boneka tongkat berpakaian Melayu sangat penting untuk mengembangkan keterampilan bercerita anak akan lebih efektif jika menggunakan media yang tepat. Media boneka tongkat berpakaian Melayu keterampilan bercerita anak akan berkembang dengan baik. Namun kenyataannya di SDIT Haruniyah Pontianak belum meningkatkan kemampuan bercerita siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita pengalaman dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media boneka tongkat berpakaian Melayu pada Siswa Kelas III B SDIT Haruniyah Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terbagi atas siklus I dan siklus II. Sumber data penelitian ini terdiri dari guru dan peserta didik. Teknik yang digunakan untuk mengumpukan data yaitu observasi langsung, komunikasi langsung dan pengukuran. Alat pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumen. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan data yang disajikan secara sistematis melalui model interaktif yang dipaparkan secara faktual dan aktual. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa; (1) Pencapaian kemampuan bercerita Siswa Kelas III B pada prasiklus sebelum menggunakan media boneka tongkat berpakaian Melayu pada pembelajaran Bahasa Indonesia mempunyai rata-rata sebesar 61,05% dengan kategori cukup terampil, (2) Penerapan media boneka tongkat berpakaian Melayu dari siklus I dan siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,35 dengan kategori baik,(3) Pencapaian pada pembelajaran Bahasa Indonesia, pada siklus I memperoleh rata- rata sebesar 64,25% dengan kategori cukup terampil. Pada siklus II memperoleh sebesar 75,2% dengan kategori terampil, dan (4) Terdapat peningkatan kemampuan bercerita antara data prasiklus hingga siklus I sebesar 3,2% sedangkan siklus I hingga siklus II sebesar 11,05%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kemampuan Bercerita en_US
dc.subject Media Boneka Tongkat Berpakaian Melayu en_US
dc.subject Pembelajaran Bahasa Indonesia en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA PENGALAMAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TONGKAT BERPAKAIAN MELAYU PADA SISWA KELAS III B SDIT HARUNIYAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account