dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) Critical Thinking Skill
awal (pre-test) peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen tanpa
menggunakan media pop up book tematik berbasis keislaman dan budaya lokal
Pontianak; 2)Penggunaan media pop up book tematik berbasis keislaman dan
budaya lokal Pontianak dalam rangka meningkatkan Critical Thinking Skill
peserta didik. 3)Critical Thinking Skill peserta didik (post-test)kelas kontrol dan
kelas eksperimen menggunakan media pop up book tematik berbasis keislaman
dan budaya lokal Pontianak.
Penelitian ini termasuk penelitian Kuantitatif metode eksperimen. Sumber
data penelitian ini adalah populasi dan sampel. Adapun populasi dalam penelitian
ini seluruh kelas V A, B, C, dan D MIN 1 Saigon Pontianak. sampel dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan VD MIN 1 Saigon Pontianak
yang masing masing kelas berjumlah 37 peserta didik. Teknik dan alat yang
digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, teknik pengukuran
dan studi dokumen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar
observasi, tes dan dokumen.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) Pada uji hipotesis data pre-test diperoleh nilai (Sig) sebesar 0,321, yang
berarti nilai (Sig) > 0.05 yang artinya tidak terdapat pengaruh antara variabel
bebas terhadap variabel terikat; 2) dari hasil observasi pelaksanaan penggunaan
media Pop Up Book tematik berbasis keislaman dan budaya lokal pontianak yaitu
100%. 3)Pada uji hipotesis data pos-test kelas kontrol dan kelas eksperimen
hasilnya didapatkan nilai (Sig) sebesar 0,000 yang berarti nilai (Sig) < 0.05
menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas
kontrol sehingga terdapat pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat |
en_US |