dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis cerita
pendek pada siswa kelas IV MIS Darut Tauhid Sungai Raya. Rendahnya
kemampuan menulis cerita pendek pada siswa ini disebabkan oleh kurangnya
pemahaman siswa mengenai cerita pendek, tanda baca yang digunakan siswa
dalam menulis cerita pendek tidak sesuai dengan aturan penulisan Bahasa
Indonesia yang baik dan benar dan metode yang digunakan oleh guru juga masih
bersifat konvensional yaitu metode ceramah dan tanya jawab yang kurang
menarik perhatian siswa. Kejadian ini merupakan suatu permasalahan yang perlu
segera ditemukan pemecahan masalahnya. Salah satu upaya yang dapat dijadikan
alternatif pemecahan masalahan tersebut adalah dengan menggunakan media
gambar berseri dalam pembelajaran tematik menulis cerita pendek. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek
menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas IV MIS Darut Tauhid
Sungai Raya Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), sumber data
terdiri dari guru dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
adalah teknik observasi (pengamatan), teknik pengukuran (tes), dan teknik
dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman
observasi, foto, dan lembar tes.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa kemampuan menulis cerita pendek sebelum menggunakan media gambar
berseri pada siswa kelas IV MIS Darut Tauhid Sungai Raya Tahun Pelajaran
2020/2021 mendapatkan nilai rata-rata sebesar 54,43 dengan persentase 14,29%.
Kemampuan menulis cerita pendek setelah menggunakan media gambar berseri
pada siswa kelas IV MIS Darut Tauhid Sungai Raya Tahun Pelajaran 2020/2021
mendapatkan nilai rata-rata 85,34 dengan persentase 100% yang sudah termasuk
dalam kategori baik. Setelah memperoleh data dan dihitung menggunakan
microsoft excel menyatakan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis
cerita pendek antara sebelum dan setelah menggunakan media gambar berseri
pada siswa kelas IV MIS Darut Tauhid Sungai Raya Tahun Pelajaran 2020/2021
dengan peningkatan sebesar 85,71%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan
media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek
pada siswa kelas IV MIS Darut Tuahid Sungai Raya Tahun Pelajaran 2020/2021. |
en_US |