PENGARUH PENGGUNAAN VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL MADINAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author RAHMAH HIDAYAH, AZIZAH
dc.date.accessioned 2022-11-21T04:16:07Z
dc.date.available 2022-11-21T04:16:07Z
dc.date.issued 2022-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1784
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan videoscribe materi sumber energi terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Madinah Pontianak Tahun Pelajaran 2021/2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Exsperimental. Desain penelitian yang digunakan ialah One-Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Adapun jumlah sampel yang diteliti sebanyak 28 orang peserta didik laki-laki. Pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pretest. Kemudian setelah diberikan perlakuan, dilakukan posttest dengan pengukuran yang sama disertai observasi aktivitas mengajar guru. Hasil belajar yang diperoleh sebelum penggunaan videoscribe terhadap hasil belajar pretest 11 orang atau 39% yang sudah mencapai KKM sedangkan 17 orang atau sekitar 61% yang nilainya belum mencapai KKM. Hasil belajar yang diperoleh setelah penggunaan videoscribe menunjukan 26 orang atau 93% yang merupakan sebagian besar nilainya mencapai KKM dan hanya 2 orang atau 7% nilainya belum mencapai KKM. Hal ini berarti penggunaan videoscribe terdapat pengaruh terhadap hasil belajar materi sumber energi kelas IV Sekolah Dasar Ilam Terpadu Al Madinah Pontianak . Analisis data menggunakan Wilcoxon test menunjukan nilai p-value = 0.000, nilai tersebut kurang dari nilai taraf signfikansi yang ditetapkan oleh peneliti yaitu sebesar ɑ = 0.05 (0,000 < 0.05) menujukan terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan videoscribe. Berdasarkan hasil uji N-gain score menunjukan bahwa nilai rata-rata N-gain score adalah sebesar 0.3987 atau sebesar 39.86% jika ditafsirkan termasuk dalam kategori “sedang” dengan nilai N-gain score minimal - 1.00 dan maksimal 1.00. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan videoscribe terhadap hasil belajar materi sumber energi kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Madinah Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Videoscribe en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL MADINAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account