dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah aktivitas fisik peserta didik
pada tema menyanyangi tumbuhan dan hewan dengan menerapkan model
pembelajaran Make a Match di kelas III SDI Al-Aziz Sungai Ambawang
mengalami peningkatan tahun pelajaran 2020/2021, 2) Apakah aktivitas mental
peserta didik pada tema menyanyangi tumbuhan dan hewan dengan menerapkan
model pembelajaran Make a Match di kelas III SDI Al-Aziz Sungai Ambawang
mengalami peningkatan tahun pelajaran 2020/2021, 3) Apakah aktivitas
emosional peserta didik pada tema menyanyangi tumbuhan dan hewan dengan
menerapkan model pembelajaran Make a Match di kelas III SDI Al-Aziz Sungai
Ambawang mengalami peningkatan tahun pelajaran 2020/2021, 4) Apakah
aktivitas belajar peserta didik pada tema menyanyangi tumbuhan dan hewan
dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match di kelas III SDI Al-Aziz
Sungai Ambawang mengalami peningkatan tahun pelajaran 2020/2021.
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif.
Penelitian ini menggunakan langkah-langkah penelitian tindakan kelas, terdiri dari
4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini
mengacu pada beberapa aktivitas belajar yaitu aktivitas fisik, aktivitas mental,
aktivitas emosional adapun teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi,
teknik dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan dalam rata-rata
persentase, yang dilaksanakan di kelas III yang berjumlah 26 orang.
Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan setelah
menggunakan model pembelajaran Make a Match dalam pembelajaran Tema
Menyanyangi tumbuhan dan hewan hal itu di lihat pada aktivitas fisik dari
prasiklus 62,75% menjadi 75,75% pada siklus I dan siklus II menigkat sebesar
dari prasiklus 62,75% menjadi 86,35%. Pada aktivitas mental mengalami
peningkatan pada siklus I dari prasiklus 41,25% menjadi 56,75% dan pada siklus
II dari prasiklus 41,25% menjadi 83,65%. Sementara aktivitas emosional
mengalami peningkatan pada siklus I dari prasiklus 48,25% meningkat 69,75%
pada siklus II ke prasiklus 48, 25% meningkat sebesar 82,75%. Dari data yang
diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make a Match
dalam pembelajaran tema menyayangi tumbuhan dan hewan dapat meningkatkan
aktivitas belajar peserta didik. |
en_US |