MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DAN MEDIA BERGAMBAR PADA MATERI TEMA 1 SUBTEMA 1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU DI KELAS IV SDI AL-AZIZ KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG TAHUN AJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Edi Kurnanto, Muhammad
dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.author CAHYANI, ILMA
dc.date.accessioned 2022-11-18T13:11:28Z
dc.date.available 2022-11-18T13:11:28Z
dc.date.issued 2021-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1769
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana: 1). Hasil belajar siswa di kelas IV SDI Al-Aziz sebelum menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan media bergambar. 2).Proses kegiatan belajar siswa di kelas IV SDI Al-Aziz saat menggunakan strategi pembelajaran eskpositori dan media bergambar. 3). Hasil belajar siswa kelas IV SDI Al-Aziz setelah menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan media bergambar. 4). Peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV SDI Al-Aziz sebelum dan setelah menggunakan strategi ekspositori dan media bergambar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan deskripsi kuantitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di SDI Al-Aziz. Populasi penelitian ini berjumlah 25 siswa kelas IV SDI Al- Aziz. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes formatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan mean dan presentase klasikal. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: 1). Hasil belajar siswa pada materi IPS pembelajaran tematik sebelum menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan media bergambar pada kegiatan pra siklus memperoleh nilai rata-rata 53,6. Terdapat 8 siswa diantaranya yang memperoleh nilai diatas KKM (32%), sedangkan 17 siswa tidak tuntas (68%) yaitu masih dibawah KKM. Sehingga tingkat keberhasilan siswa termasuk dalam kategori kurang. 2). Proses kegiatan belajar saat menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan media bergambar pada materi IPS pembelajaran tematik, dengan langkah-langkah: a. Guru menyampaikan judul tema pembelajaran, b. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, c. Guru membagikan lembaran materi pembelajaran, d. Guru memperlihatkan kepada siswa, media bergambar. e. Guru mendemonstrasikan materi pelajaran dengan menunjukkan media gambar pergambar sesuai dengan yang dijelaskan oleh guru, f. Guru mengecek pemahaman siswa dengan cara memberikan umpan balik, g. Guru memberikan tugas untuk bahan evaluasi. 3). Hasil belajar siswa pada materi IPS pembelajaran tematik setelah menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan media bergambar pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 74,4, kemudian pada siklus II menjadi 89,2. 4). Terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan media bergambar. Pada pra siklus nilai siswa 53,6 menjadi 74,4 pada siklus I, pada siklus II menjadi 89,2. Persentase ketuntasan siswa saat pra siklus (32%), meningkat pada siklus I menjadi (56%), pada siklus II juga mengalami peningkatan sebesar (92%), dengan target persentase kreteria ketuntasan minimal 75% dan rata-rata minimal 73.00 sehingga tingkat keberhasilan siswa termasuk dalam kategori sangat baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran Ekspositori en_US
dc.subject Media Bergambar en_US
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DAN MEDIA BERGAMBAR PADA MATERI TEMA 1 SUBTEMA 1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU DI KELAS IV SDI AL-AZIZ KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG TAHUN AJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account