PENGGUNAAN METODE STORY TELLING DIVARIASIKAN DENGAN MEDIA WAYANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III A PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 4 DI SD PLUS BINA EMPAT LIMA PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam
dc.contributor.advisor Kartini
dc.contributor.author ISTI’ANAH, HANNAN
dc.date.accessioned 2022-11-18T12:42:13Z
dc.date.available 2022-11-18T12:42:13Z
dc.date.issued 2020-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1767
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik, penggunanan metode dan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar sangat dibutuhkan baik secara internal maupun eksternal, namun kenyataannya di lapangan guru hanya menggunakan media buku pegangan guru dan buku pegangan siswa saja dan jarang menggunakan media pendukung yang tepat sehingga prestasi belajar peserta didik masih ada yang belum mencapai nilai KKM. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas III A sebelum menerapkan metode story telling yang divariasikan dengan media wayang (2) untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan metode story telling yang divariasikan dengan media wayang (3) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menerapkan metode story telling yang divariasikan dengan media wayang peserta didik kelas III A (4) adakah peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan metode story telling yang divariasikan dengan media wayang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas III A yang berjumlah 32 siswa. Untuk mendapatkan data penelitian menggunakan lembar observasi dan pengukuran. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : 1).Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan metode story telling yang divariasikan dengan media wayang kelas III A masih terdapat 14 dari 32 peserta didik yang belum mencapat KKM 70.00. 2). Proses pembelajaran menggunakan metode story telling yang divariasikan dengan media wayang pada materi kewajiban dan hakku sangatlah cocok sehingga efektif terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik, hal ini dapat dilihat dari antusias siswa saat belajar karena menggunakan metode dan media yang membuat pembelajaran lebih menarik.3). Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode story telling divariasikan dengan media wayang pada siklus I memperoleh rata-rata 73.7, dan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 84.2, pada siklus ke II . 4). Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan dengan menggunakan metode story telling yang divariasikan dengan media wayang pada tema 4 kelas III A dari siklus I hingga siklus II rata-rata sebesar 15.7. Keberhasilan di atas dapat membuktikan hipotesis, bahwa penggunaan media story telling yang divariasikan dengan media wayang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran tematik kelas III A SD Plus Bina Empat Lima Pontianak Timur. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode Story Telling en_US
dc.subject Media Wayang en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Tematik Kelas III en_US
dc.title PENGGUNAAN METODE STORY TELLING DIVARIASIKAN DENGAN MEDIA WAYANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III A PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 4 DI SD PLUS BINA EMPAT LIMA PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account