PENGARUH METODE EXAMPLE NON EXAMPLE DIVARIASIKAN DENGAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT HARUNIYAH PONTIANAK TAHUN AJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Tesi Muskania, Ricka
dc.contributor.author HAJIRIN
dc.date.accessioned 2022-11-18T12:35:17Z
dc.date.available 2022-11-18T12:35:17Z
dc.date.issued 2021-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1766
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi adanya sejumlah peserta didik yang nilainya belum mencapai KKM pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Nilai yang belum mencapai KKM itu dapat disebabkan berbagai faktor yang salah satunya adalah metode yang diterapkan. Oleh karena itu dalam penelitian ini dicoba menerapkan metode example non example divariasikan dengan media konkret Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Penelitian Kuasi eksperimen. Lokasi penelitiannya adalah di SDIT Haruniyah Pontianak dan sumber datanya adalah peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk memperoleh data Penerapan Metode Example non Example, dan pengukuran dengan tes pilihan ganda untuk mendapatkan data hasil belajar peserta didik. Alat pengumpulan datanya adalah dengan tes tertulis. Data yang didapat dianalisis dengan analisis deskriptif, dan analisis regresi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: 1) Hasil belajar IPA sebelum menggunakan Metode Example non Example divariasikan dengan media Konkret. 2) Hasil belajar IPA setelah menggunakan Metode Example non Example divariasikan dengan media Konkret. 3) Pengaruh Metode Example non Example divariasikan dengan media Konkret terhadap hasil belajar IPA. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Hasil Belajar IPA peserta didik sebelum menggunakan Metode Example non Example divariasikan dengan media Konkret nilai rata-ratanya sebesar 38,25 berkategori rendah. 2) Hasil Belajar IPA peserta didik setelah menggunakan Metode Example non Example divariasikan dengan media Konkret nilai rata-ratanya sebesar 64,5 termasuk kategori tinggi. 3)hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara Metode Example non Example divariasikan dengan media Konkret terhadap hasil belajar IPA Hal ini dapat dibuktikan dengan data hasil menggunakan rumus pada taraf signifikansi 0,05. Pengaruh Metode Example non Example divariasikan dengan Media Konkret terhadap hasil belajar IPA kelas IV di SDIT Haruniyah Pontianak menunjukkan T hitung  t tabel (4916  1989) Maka Ho ditolak, Ha diterima dengan signifikasi (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak. Artinya Ha diterima dalam kata lain Metode Example non Example divariasikan dengan Media Konkret berpengaruh terhadap hasil Belajar IPA. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode Example non Example en_US
dc.subject Media konkret en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH METODE EXAMPLE NON EXAMPLE DIVARIASIKAN DENGAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT HARUNIYAH PONTIANAK TAHUN AJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account