PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA TEMA KEGIATANKU PESERTA DIDIK KELAS 1 MIS DARUNNAJAH PARIT MAYOR KECAMATAN PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author DAMAYANTI, ERNI
dc.date.accessioned 2022-11-18T09:44:11Z
dc.date.available 2022-11-18T09:44:11Z
dc.date.issued 2022-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1763
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan membaca pada tema Kegiatanku peserta didik kelas 1 MIS Darunnajah Parit Mayor Pontianak Timur sebelum digunakannya media kartu huruf, mengetahui keterampilan membaca tema kegiatanku peserta didik kelas 1 MIS Darunnajah Parit Mayor Pontianak Timur setelah digunakan media kartu huruf, mengetahui peningkatan keterampilan membaca tema kegiatanku peserta didik kelas 1 MIS Darunnajah Parit Mayor Pontianak Timur. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti mengunanakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Dengan tindakan yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, observasi kegiatan belajar dan refleksi. Sasaran penelitiannya adalah peserta didik kelas 1. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar test dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru selama proses pembelajaran, yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 2,81 dengan kategori baik. Sedang kan pada siklus ke II sudah mencapai nilai rata-rata 3,73 dengan kategori baik sekali. Serta aktvitas peserta didik selama proses pembelajaran pada siklus I diperoleh 2,95 dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus ke II diperoleh nilai rata-rata 4 dengan kategori baik sekali. Hasil tes keterampilan membaca permulaan peserta didik siklus I dengan presentase nilai 3,3 % dengan kategori cukup, sekitar 4 peserta didik yang belum bisa membaca dengan baik. Sedangkan pada siklus ke II meningkat menjadi 4,5 % dengan katagori baik. Hanya 2 peserta didik lagi yang belum bisa membaca dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa,dengan menggunakan media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca pada peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.title PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA TEMA KEGIATANKU PESERTA DIDIK KELAS 1 MIS DARUNNAJAH PARIT MAYOR KECAMATAN PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account