dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan
membaca peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
keterampilan membaca pada tema Kegiatanku peserta didik kelas 1 MIS
Darunnajah Parit Mayor Pontianak Timur sebelum digunakannya media
kartu huruf, mengetahui keterampilan membaca tema kegiatanku peserta
didik kelas 1 MIS Darunnajah Parit Mayor Pontianak Timur setelah
digunakan media kartu huruf, mengetahui peningkatan keterampilan
membaca tema kegiatanku peserta didik kelas 1 MIS Darunnajah Parit
Mayor Pontianak Timur.
Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti mengunanakan metode
PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Dengan tindakan yang dilakukan
sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, observasi
kegiatan belajar dan refleksi. Sasaran penelitiannya adalah peserta didik
kelas 1. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar
observasi, lembar test dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru selama
proses pembelajaran, yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 2,81
dengan kategori baik. Sedang kan pada siklus ke II sudah mencapai nilai
rata-rata 3,73 dengan kategori baik sekali. Serta aktvitas peserta didik
selama proses pembelajaran pada siklus I diperoleh 2,95 dengan kategori
baik. Sedangkan pada siklus ke II diperoleh nilai rata-rata 4 dengan
kategori baik sekali. Hasil tes keterampilan membaca permulaan peserta
didik siklus I dengan presentase nilai 3,3 % dengan kategori cukup, sekitar
4 peserta didik yang belum bisa membaca dengan baik. Sedangkan pada
siklus ke II meningkat menjadi 4,5 % dengan katagori baik. Hanya 2
peserta didik lagi yang belum bisa membaca dengan baik. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa,dengan menggunakan media
kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca pada peserta
didik. |
en_US |