dc.description.abstract |
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan: 1) Pembelajaran tematik
subtema Keberagaman Budaya Bangsaku kelas IV MIN 1 Pontianak sebelum
menerapkan metode Bercerita dengan media Komik tahun pelajaran 2019/2020.
2) Pembelajaran tematik Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku kelas IV MIN
1 Pontianak menerapkan metode Bercerita dengan media Komik tahun pelajaran
2019/2020. 3) Hasil belajar siswa setelah menerapkan Metode Bercerita dengan
media komik dalam pembelajaran tematik subtema Keberagaman Budaya
Bangsaku kelas IV MIN 1 Pontianak tahun pelajaran 2019/2020. 4) Perbedaan
hasil belajar sebelum dan sesudah menerapkan metode Bercerita dengan media
Komik dalam pembelajaran tematik subtema Keberagaman Budaya Bangsaku
kelas IV MIN 1 Pontianak tahun pelajaran 2019/2020?
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang terdiri dari empat tahap yaitu: tahap perencanaan (planning), tahap
pelaksanaan (acting), tahap pengamatan (observing), dan tahap refleksi
(reflecting). Penelitian ini bersifat kolaboratif yang dilakukan oleh peneliti dan
guru kelas.
Hasil penelitian ini dapat menyimpulkan: 1) Pencapaian nilai hasil belajar
sebelum menerapkan metode Bercerita dengan media Komik pada pembelajaran
tematik subtema Keberagaman Budaya Bangsaku kelas IV, masih rendah. 2)
Penerapan metode Bercerita dengan media Komik pada pembelajaran tematik
subtema Keberagaman Budaya Bangsaku kelas IV, telah dilakukan sesuai
langkah-langkah metode Bercerita dan media Komik. 3) Pencapaian nilai hasil
belajar sesudah menerapkan metode Bercerita dengan media Komik pada
pembelajaran tematik subtema Keberagaman Budaya Bangsaku kelas IV MIN 1
Pontianak sangat baik. 4) Terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah
menerapkan metode Bercerita dengan media Komik pada pembelajaran tematik
subtema Keberagaman Budaya Bangsaku kelas IV MIN 1 Pontianak sebesar
51.17%. |
en_US |