dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan secara umum untuk mendeskripsikan “Bagaimana
penggunaan strategi mind mapping berbantuan media gambar dalam pembelajaran
tematik daring pada siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak
tahun pelajaran 2020/2021”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriftif. Teknik pengupulan data yang digunakan peneliti
yaitu teknik observasi langsung, wawancara langsung, dan dokuentasi. Analisis
data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan/verifikasi.
Berdasarkan analisis data, adapun hasil dari penelitian ini yaitu: 1)
perencanaan pembelajaran tematik daring dengan menggunakan strategi mind
mapping pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Pontianak yaitu dengan
membuat group whatshapp dengan mempersiapakan perangkat pembelajaran
tematik secara daring seperti silabus, RPP, Media gambar di tuang dalam bentuk
mind mapping, rekaman video, menyiapkan soal evaluasi. 2) pelaksanaan
pembelajaran tematik daring (dalam jaringan) yang dilakukan selama pandemi
covid-19 pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun pelajaran
2021/2020 yaitu pelaksanaan pembelajaran tematik daring dengan memanfaatkan
aplikasi whatshapp group untuk kegiatan pembelajaran yang di lakukan secara
daring, penyampaian materi melalui rekaman video dengan menjelaskan
menggunakan media gambar dalam bentuk mind mapping. Kegiatan pembelajaran
terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3)
penilaian/evaluasi pembelajaran tematik daring pada siswa kelas V SD
Muhammadiyah 1 Pontianak tahun pelajaran 2020/2021 yaitu dengan melakukan
penilaian/evaluasi terhadap hasil belajar siswa di akhir kegiatan
pembelajaran/penutup dengan mengirim soal evaluasi melalui group whatshapp
group, pada tahap penilaian/evaluasi yang dilakukan yaitu berupa penilaian
pengetahuan (Kognitif). Bagi siswa yang belum tuntas, maka guru akan
melakukan tindak lanjut dengan mengirim soal kembali kepada siswa yang
bersangkutan melalui personal chat. Penilaian pengetahuan dilakukan untuk
mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang telah di
ikuti selama pembelajaran daring berlangsung. |
en_US |