dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengembangan bahan ajar tematik
berbasis kearifan lokal Kalimantan Barat pada Kelas III Tema 5 dan 6 Sekolah
Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Untuk memudahkan peneliti mengambil data, maka
peneliti menjabarkan tujuan khusus yaitu mengetahui aspek isi materi, aspek
penyajian materi, aspek desain dan aspek bahasa dalam proses pengembangan
bahan ajar berbasis kearifan lokal Kalimantan Barat.
Penelitian menggunakan jenis penelitian R&D (Research And Development)
dengan menggunakan model 4-D (Define,Design,Develov,Dessiminate). Selain itu,
peneliti juga menggunakan pendekatan kualitatif untuk data-data penelitian yang
bersifat kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu hasil penilaian validator
terkait tentang penilaian validasi isi materi, validasi penyajian materi, validasi desain
dan validasi bahasa.
Berdasarkan hasil validasi data dapat disimpulkan bahwa: Validasi bahan ajar
tematik berbasis kearifan lokal Kalimantan Barat pada kelas III tema 5 dan 6 Sekolah
Dasar/Madrasah Ibtidaiyah oleh enam validator. 1) Validator isi materi berada pada
kriteria “Sangat Validan dan Tidak Revisi” dengan persentase sebesar 88,34%. 2)
Validasi oleh validator penyajian materi berada pada kriteria “Sangat Valid dan Tidak
Revisi” dengan persentase 97,14%. 3) Validasi oleh validator desain buku berada pada
kriteria “Sangat Valid dan Tidak Revisi” dengan persentase 99,61%. 4) Validasi oleh
validator bahasa berada pada kriteria “Sangat Valid dan Tidak Revisi” dengan
persentase 90%. |
en_US |