Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perencanaan pembelajaran
sentra persiapan kelas B2 di RAU Mas’udi Pontianak Tahun pelajaran 2020/2021. 2)
untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sentra persiapan kelas B2 di RAU
Mas’udi Pontianak Tahun pelajaran 2020/2021. 3) untuk mengetahui evaluasi
pembelajaran sentra persiapan kelas B2 Tahun pelajaran 2020/2021.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan
empat komponen yaitu, tahap perencanaan (Planning), tahap pelaksanaan
(Reflekting), tahap pengamatan (observaring), teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil yang dilakukan maka peneliti penyimpulkan bahwa
perencanaan pembelajaran sentra persiapan kelas B2 adalah menyiapkan RPPM,
RPPH, dan lembar penilaian. Pelaksanaan pembelajaran sentra persiapan kelas B2
yaitu kegiatan pendahuluan berdo’a. kegiatan inti guru mengajak anak untuk
mempraktekkan memantulkan bola dan mengerjakan tugas. Kegiatan evaluasi
pembelajaran di sentra persiapan kelas B2 adalah pembelajaran yang dilakukan guru
ialah melalui tugas yang dikerjakan, hasil karya anak dan menanyakan kembali
pembelajaran yang dudah diberikan dengan menggunakan ceklis dan catatan anekdot.