Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan motorik
kasar anak. Peneliti ingi menjawab rumusan masalah yang terdiri dari: (1)
Bagaimana meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan
enggrang bathok kelapa pada usia 5-6 tahun di PAUD Darul Hidayah Alas
Kusuma Bakti Suci Satu. (2) Apakah ada peningkatan kemampuan motorik kasar
pada anak usia dini sesudan dan sebelum menggunakan alat permainan enggrang
bathok kelapa di PAUD Darul Hidayah Alas Kusuma Bakti Suci Satu.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sumber data
terdiri dari guru dan peserta didik. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan
data teknik observasi dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa
pedoman observasi, foto dan instrumen penilaian. Sedangkan teknik analisis data
digunakan yang adalah analisis deskriptif.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa hasil tes kemampuan motorik kasar anak pada kelompok B di PAUD Darul
Hidayah Bakti Suci Satu Kuala Dua sebelum menggunakan metode bermain
enggrang bathok kelapa adalah 53.22% dengan kategori BB (Belum
Berkembang). setelah diterapkan metode permainan enggrang bathok kelapa pada
siklus I 62.69 dengan ketegori MB (Mulai Berkembang). Sedangkan pada
pelaksanaan siklus II persentase pencapaian tiap anak berkembang sangat baik
dari yang sebelumnya, hal ini dapat dilihat bahwa hasil kemampuan motorik kasar
anak pada siklus II yaitu 83.30 % dengan kategori BSH (Berkembang Sesuai
Harapan). Setelah memperoleh data dan dihitung maka dinyatakan bahwa
terdapat peningkatan hasil kemampuan motorik kasar anak antara sebelum dan
sesudah menggunakan metode permainan enggrang bathok kelapa pada anak kelas
B di PAUD Darul Hidayah Bakti Suci Satu Kuala Dua Kab. Kubu Raya tahun
pelaajaran 2020/2021.