Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penguasaan kosakata anak di PAUD
Al-Hasanah yang masih rendah dan kurangnya penggunaan alat peraga atau
media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mendeskripsikan
penguasaan kosakata anak sebelum melalui media puzzle di kelompok B PAUD
Al-Hasanah Sungai Rasau. 2) Mendeskripsikan penguasaan kosakata anak setelah
melalui media puzzle di kelompok B PAUD Al-Hasanah Sungai Rasau. 3)
Mendeskripsikan apakah terjadi peningkatan efektifitas penguasaan kosakata
melalui media puzzle di kelompok B PAUD Al-Hasanah Sungai Rasau.
Metode penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang terdiri dari empat komponen,
yaitu tahap perencanaan (Planning), tahap pelaksanaan atau tindakan (Acting),
tahap pengamatan (Observing), dan tahap refleksi (Reflecting). Pelaksanaan
pengumpulan data yaitu dengan beberapa instrumen penelitian yaitu teknik
observasi, wawancara, pengukuran, dokumentasi, dan catatan lapangan.
Kemudian data analisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif dengan
menggunakan rumus presentase.Hasil dari penelitian ini menyimpulkan; 1)
Penguasaan kosakata anak di kelompok B PAUD Al-Hasanah Sungai Rasau
sebelum melalui media puzzle adalah sebesar 47,61%. 2) Penguasaan kosakata
anak pada kelompok B PAUD Al-Hasanah mengalami peningakatan. Hal ini
dapat dilihat dari hasil observasi dan catatan lapangan penelitian dari siklus
pertama dan akhir. Pada siklus pertama penguasaan kosakata anak mengalami
peningkatan yaitu 71,42% pada kategori baik, dan pada siklus kedua sebesar
85,71% berada pada kategori sangat baik. 3) Efektivitas peningkatan penguasaan
kosakata anak melalui media puzzle mengalami peningkatan jika dilihat dari
pengumpulan data sebesar 85,71% terdapat 18 anak mengalami peningkatan
penguasaan kosakata pada siklus II. Melalui media membantu anak bermain
sekaligus belajar dengan cara menyenangkan tetapi anak-anak tetap mendapatkan
pembelajaran sesuai dengan indikator aspek perkembangan anak.