Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kemampuan motorik
halus anak mewarnai gambar sesuai dengan gagasan melalui kegiatan kolase; 2)
kemampuan motorik halus anak meniru merobek daun kering dengan berbagai
macam bentuk dalam kegiatan kolase; 3) kemampuan motorik halus anak
menggunting sesuai pola melalui kegiatan kolase; 4) kemampuan motorik halus
anak menggunakan alat tulis dalam kegiatan kolase; 5) kemampuan motorik halus
anak menempel gambar dengan tepat menggunakan origami dalam kegiatan
kolase; 6) kemampuan motorik halus anak mengekspresikan diri dalam kegiatan
kolase.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan
sumber sekunder, yaitu: 1) Sumber primer adalah guru kelas, siswa dan kepala
sekolah; 2) Sumber sekunder adalah data yang diperoleh peneliti secara tidak
langsung dari media perantara (pihak lain). Teknik yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan
untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data dan verifikasi data sedangkan keabsahan data dalam
penelitian ini menggunakan trianggulasi dan member check.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, penulis simpulkan mengenai
bahwa: 1) kemampuan motorik halus dalam kegiatan kolase anak mewarnai
gambar sesuai dengan gagasan sudah berkembang sesuai harapan; 2) kemampuan
motorik halus anak dalam kegiatan kolase merobek daun kering dengan berbagai
bentuk juga anak sudah berkembang sesuai harapan; 3) kemampuan motorik halus
dalam kegiatan kolase menggunting sesuai pola juga sudah berkembang sesuai
harapan dalam kegiatan ini anak sudah bisa menggunakan gunting dengan baik; 4)
kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase menggunakan alat tulis dalam
kegiatan ini anak sudah bisa menulis dengan maksimal berkembang sesuai
harapan; 5) kemampuan motorik halus anak melalui kolase menempel gambar
dengan tepat menggunakan origami sudah berkembang sesuai harapan, guru juga
membantu anak dalam memberikan lem pada gambar serta mengarahkan anak
untuk menempel sesuai gambar; 6) kemampuan motorik halus anak melalui
kolase dalam mengekspresikan diri berkembang sangat baik terlihat pada saat
mereka dapat menyelesaikan kegiatan dengan maksimal.