PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN KELAS B1 DI RAUDATHUL ATHFAL AL-ISHLAH DHARMA WANITA PERSATUAN KEMENAG KOTA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Handini, Agus
dc.contributor.author SUCI KURNIATI, WITA
dc.date.accessioned 2022-11-16T08:11:47Z
dc.date.available 2022-11-16T08:11:47Z
dc.date.issued 2021-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1745
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kemampuan motorik halus anak mewarnai gambar sesuai dengan gagasan melalui kegiatan kolase; 2) kemampuan motorik halus anak meniru merobek daun kering dengan berbagai macam bentuk dalam kegiatan kolase; 3) kemampuan motorik halus anak menggunting sesuai pola melalui kegiatan kolase; 4) kemampuan motorik halus anak menggunakan alat tulis dalam kegiatan kolase; 5) kemampuan motorik halus anak menempel gambar dengan tepat menggunakan origami dalam kegiatan kolase; 6) kemampuan motorik halus anak mengekspresikan diri dalam kegiatan kolase. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder, yaitu: 1) Sumber primer adalah guru kelas, siswa dan kepala sekolah; 2) Sumber sekunder adalah data yang diperoleh peneliti secara tidak langsung dari media perantara (pihak lain). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi dan member check. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, penulis simpulkan mengenai bahwa: 1) kemampuan motorik halus dalam kegiatan kolase anak mewarnai gambar sesuai dengan gagasan sudah berkembang sesuai harapan; 2) kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan kolase merobek daun kering dengan berbagai bentuk juga anak sudah berkembang sesuai harapan; 3) kemampuan motorik halus dalam kegiatan kolase menggunting sesuai pola juga sudah berkembang sesuai harapan dalam kegiatan ini anak sudah bisa menggunakan gunting dengan baik; 4) kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase menggunakan alat tulis dalam kegiatan ini anak sudah bisa menulis dengan maksimal berkembang sesuai harapan; 5) kemampuan motorik halus anak melalui kolase menempel gambar dengan tepat menggunakan origami sudah berkembang sesuai harapan, guru juga membantu anak dalam memberikan lem pada gambar serta mengarahkan anak untuk menempel sesuai gambar; 6) kemampuan motorik halus anak melalui kolase dalam mengekspresikan diri berkembang sangat baik terlihat pada saat mereka dapat menyelesaikan kegiatan dengan maksimal. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pengembangan Motorik Halus en_US
dc.subject Kolase en_US
dc.title PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN KELAS B1 DI RAUDATHUL ATHFAL AL-ISHLAH DHARMA WANITA PERSATUAN KEMENAG KOTA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account