Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pembelajaran dengan sentra bahan
alam di TK Islamiyah sangat menyenangkan dalam pelaksanaanya menggunakan
empat jenis pijakan yaitu pijakan lingkungan main, pijakan pengelaman sebelum
main, pijakan pengalaman main dan pijakan setelah main.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan
mendeskripsikan tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran mnggunakan
pendekatan sentra bahan alam. Sementara secara khusus adalah untuk mengetahui
tentang: 1) Untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran dengan
pendekatan sentra bahan alam, 2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
pembelajaran dengan pendekatan sentra bahan alam, 3) Untuk mengetahui
bagaimana evaluasi pembelajaran dengan pembelajaran sentra bahan alam, 4)
Untuk mengetahui apa saja hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan
pendekatan sentra bahan alam.
Untuk memperoleh gambaran data peneliti menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode deskriftif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi
partisipatif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Sementara teknik analisis
data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yaitu dengan meningkatkan
ketekunan pengamatan dan triangulasi data.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Bagaimana perencanaan
pembelajaran dengan pendekatan sentra bahan alam ialah: Guru membuat rencana
pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) telah mengacu pada pada rencana
pembelajaran mingguan (RPM) yang telah dibuat sebelumnya. RPPH tersebut
telah sesuai dengan tema dan dikembangkan sesuai alokasi yang ditentukan, Guru
mempersiapkan media pembelajaran setelah itu melakukan pijakan penataan
lingkungan main dengan menata ruang sentra bahan alam sedemikian rupa
sehingga anak dapat bermain dengan nyaman di dalamnya dan memberikan
pijakan pengalaman sebelum main. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran
dengan pendekatan sentra bahan alam ialah: Setelah guru melaksanakan pijakan
pengalaman sebelum main anak-anak duduk melingkar selanjutnya guru
menyampaikan tema dan sub tema kegiatan dan menjelaskan kegiatan main apa
saja yang akan dilakukan setelah itu guru memberikam pijakan pengalaman main,
saat. 3) Evaluasi pembelajaran dengan pendekatan sentra bahan alam ialah: Guru
memberikan penilaian pada saat kegiatan pembelajaran dan selesai pembelajaran,
penerapan pijakan setelah main diberikan agar mengetahui sejauh mana anak
memahami kegiatan main. 4) Hambatan pelaksanaan pembelajaran dengan
pendekatan sentra bahan alam ialah: anak yang masih sibuk sendiri harus
memahami kemampuan dan strategi pembelajaran, kewalahan jika guru
pendamping tidak masuk.