PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN PENDEKATAN SENTRA BAHAN ALAM DI TK ISLAMIYAH PONTIANAK TENGGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zuraya, Helva
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.author SETYONINGSIH
dc.date.accessioned 2022-11-16T03:30:26Z
dc.date.available 2022-11-16T03:30:26Z
dc.date.issued 2019-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1740
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pembelajaran dengan sentra bahan alam di TK Islamiyah sangat menyenangkan dalam pelaksanaanya menggunakan empat jenis pijakan yaitu pijakan lingkungan main, pijakan pengelaman sebelum main, pijakan pengalaman main dan pijakan setelah main. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan mendeskripsikan tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran mnggunakan pendekatan sentra bahan alam. Sementara secara khusus adalah untuk mengetahui tentang: 1) Untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran dengan pendekatan sentra bahan alam, 2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan sentra bahan alam, 3) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran dengan pembelajaran sentra bahan alam, 4) Untuk mengetahui apa saja hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan sentra bahan alam. Untuk memperoleh gambaran data peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipatif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yaitu dengan meningkatkan ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran dengan pendekatan sentra bahan alam ialah: Guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) telah mengacu pada pada rencana pembelajaran mingguan (RPM) yang telah dibuat sebelumnya. RPPH tersebut telah sesuai dengan tema dan dikembangkan sesuai alokasi yang ditentukan, Guru mempersiapkan media pembelajaran setelah itu melakukan pijakan penataan lingkungan main dengan menata ruang sentra bahan alam sedemikian rupa sehingga anak dapat bermain dengan nyaman di dalamnya dan memberikan pijakan pengalaman sebelum main. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan sentra bahan alam ialah: Setelah guru melaksanakan pijakan pengalaman sebelum main anak-anak duduk melingkar selanjutnya guru menyampaikan tema dan sub tema kegiatan dan menjelaskan kegiatan main apa saja yang akan dilakukan setelah itu guru memberikam pijakan pengalaman main, saat. 3) Evaluasi pembelajaran dengan pendekatan sentra bahan alam ialah: Guru memberikan penilaian pada saat kegiatan pembelajaran dan selesai pembelajaran, penerapan pijakan setelah main diberikan agar mengetahui sejauh mana anak memahami kegiatan main. 4) Hambatan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan sentra bahan alam ialah: anak yang masih sibuk sendiri harus memahami kemampuan dan strategi pembelajaran, kewalahan jika guru pendamping tidak masuk. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pendekatan Pembelajaran en_US
dc.subject Sentra Bahan Alam en_US
dc.title PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN PENDEKATAN SENTRA BAHAN ALAM DI TK ISLAMIYAH PONTIANAK TENGGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account