Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa penggunaan multi metode di RA
Mas‟udi Pontianak sangat membantu dalam menumbuhkan kecerdasan linguistik
anak usia dini. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang
upaya guru dalam menumbuhkan kecerdasan linguistik anak usia 5-6 tahun
melalui multi metode di RA Mas‟udi Pontianak. Sementara secara khusus adalah
untuk mengetahui tentang: 1) upaya guru dalam menumbuhkkan kecerdasan
linguistik anak melalui metode bernyanyi, 2) upaya guru dalam menumbuhkan
kecerdasan linguistik anak melalui metode bercerita dengan gambar berseri, 3)
upaya guru dalam menumbuhkan kecerdasan linguistik anak melalui metode
bermain tebak gambar.Untuk memperoleh gambaran data peneliti menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya
yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data
dilakukan dengan reduksi data, display data/penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Pemeriksa keabsahan data subyek peneliti yakni ketekunan
pengamatan, triangulasi, dan member check.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; 1) upaya guru dalam
menumbuhkan kecerdasan linguistik anak melalui metode bernyanyi dengan lagu.
2) upaya guru dalam menumbuhkan kecerdasan linguistik anak melalui metode
bercerita dengan gambar berseri media yang digunakan dibuat sendiri. 3) upaya
guru dalam menumbuhkan kecerdasan linguistik anak melalui metode bermain
tebak gambar adalah: media gambar yang digunakan dibuat menggunakan kertas
karton yang berukuran besar, gambar yang dibuat sesuai dengan tema, metode
bermain tebak gambar membuat anak bersemangat, anak tidak bosan karena anak
memahami dan aktif bermain.