Abstract:
Metode pembelajaran membaca pada anak usia dini pada masa ke masa
sudah semakin berkembang, namun masih ada dari sebagian orang di masyarakat
menganggap membaca tidak diperbolehkan pada anak usia dini padahal membaca
adalah suatu kegiatan yang bisa mengasah kecerdasan bahasa pada anak sejak
dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: 1) konsep metode Glenn
Doman secara teoritis; 2) prosedur penerapan metode Glenn Doman; 3) riset
penerapan metode Glenn Doman pada anak usia dini; 4) kelebihan dan
kekurangan metode Glenn Doman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif dan teknik penelitian kepustakaan (library research). Adapun sumber
data yang digunakan adalah sumber primer yaitu buku yang ditulis oleh Glenn
Doman yang berjudul “How to teach your baby to read” dan sumber sekunder
yang berasal dari jurnal, skripsi dan sumber-sumber yang relevan lainnya dengan
cara editing, organizing dan penemuan hasil penelitian. Tekhnik analisis data dari
Miles dan Huberman dengan tahap analisis pada : pengumpulan data, reduksi
data, display data dan gambaran konklusi atau verifikasi data yang dideskripsikan
secara sistematis, faktual dan aktual.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa:1) metode
pembelajaran membaca dengan metode Glenn Doman adalah suatu fungsi otak
dan menyangkut pada aspek perkembangan anak yang mana harus dikembangkan
secara optimal sejak anak berusia dini; 2) Penerapan metode Glenn Doman
dilakukan dengan memperhatikan sikap dan pendekatan serta ukuran dan kerapian
bahan bacaannya. Pembelajaran membaca ini dilakukan dengan syarat: a) saat
proses belajar anak dan orangtua/guru harus ada pendekatan yang menyenangkan
dan anak maupun orangtua/guru harus dalam keadaan mood yang baik, hentikan
kegiatan belajar saat anak sudah merasa bosan; b) jangan pernah memaksa anak
untuk belajar saat anak sedang tidak mau; 3) Hasil kajian dari riset-riset terdahulu
menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Glenn Doman ini efektif
dan terbukti mampu meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini normal
maupun anak berkebutuhan khusus yang memiliki cedera otak; 4) Kelebihan
metode Glenn Doman adalah metode disenangi anak karena dilakukan dengan
waktu yang tidak lama dan tidak membuat anak cepat bosan. Harga bahan yang
dugunakan dalam pembuatan relatif murah dan mudah didapatkan. Kelemahan
metode ini adalah dari segi ukuran yang kecil sehingga terbatas untuk
pembelajaran kelompok besar.