METODE PEMBELAJARAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zuraya, Helva
dc.contributor.advisor Budiyono
dc.contributor.author MANGGU BUDELA, RIKA
dc.date.accessioned 2022-11-15T11:09:36Z
dc.date.available 2022-11-15T11:09:36Z
dc.date.issued 2020-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1737
dc.description.abstract Metode pembelajaran membaca pada anak usia dini pada masa ke masa sudah semakin berkembang, namun masih ada dari sebagian orang di masyarakat menganggap membaca tidak diperbolehkan pada anak usia dini padahal membaca adalah suatu kegiatan yang bisa mengasah kecerdasan bahasa pada anak sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: 1) konsep metode Glenn Doman secara teoritis; 2) prosedur penerapan metode Glenn Doman; 3) riset penerapan metode Glenn Doman pada anak usia dini; 4) kelebihan dan kekurangan metode Glenn Doman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik penelitian kepustakaan (library research). Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber primer yaitu buku yang ditulis oleh Glenn Doman yang berjudul “How to teach your baby to read” dan sumber sekunder yang berasal dari jurnal, skripsi dan sumber-sumber yang relevan lainnya dengan cara editing, organizing dan penemuan hasil penelitian. Tekhnik analisis data dari Miles dan Huberman dengan tahap analisis pada : pengumpulan data, reduksi data, display data dan gambaran konklusi atau verifikasi data yang dideskripsikan secara sistematis, faktual dan aktual. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa:1) metode pembelajaran membaca dengan metode Glenn Doman adalah suatu fungsi otak dan menyangkut pada aspek perkembangan anak yang mana harus dikembangkan secara optimal sejak anak berusia dini; 2) Penerapan metode Glenn Doman dilakukan dengan memperhatikan sikap dan pendekatan serta ukuran dan kerapian bahan bacaannya. Pembelajaran membaca ini dilakukan dengan syarat: a) saat proses belajar anak dan orangtua/guru harus ada pendekatan yang menyenangkan dan anak maupun orangtua/guru harus dalam keadaan mood yang baik, hentikan kegiatan belajar saat anak sudah merasa bosan; b) jangan pernah memaksa anak untuk belajar saat anak sedang tidak mau; 3) Hasil kajian dari riset-riset terdahulu menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Glenn Doman ini efektif dan terbukti mampu meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini normal maupun anak berkebutuhan khusus yang memiliki cedera otak; 4) Kelebihan metode Glenn Doman adalah metode disenangi anak karena dilakukan dengan waktu yang tidak lama dan tidak membuat anak cepat bosan. Harga bahan yang dugunakan dalam pembuatan relatif murah dan mudah didapatkan. Kelemahan metode ini adalah dari segi ukuran yang kecil sehingga terbatas untuk pembelajaran kelompok besar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Membaca en_US
dc.subject Glenn Doman en_US
dc.title METODE PEMBELAJARAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI en_US
dc.title.alternative KAJIAN TEORITIK METODE GLENN DOMAN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account