Abstract:
Mempelajari bahasa Arab adalah suatu hal yang penting bagi orang Islam,
karena semua sumber ajaran Islam berupa Alqur‟an dan Hadits menggunakan
bahasa Arab. Sehingga bahasa Arab dapat dikenalkan dan diterapkan pada anak
sejak dini karena akan mudah untuk menstimulus perkembangan bahasa anak.
Adapun RA Al-Husna adalah salah satu sekolah yang mendukung pembelajaran
bahasa Arab pada anak usia dini sehingga peneliti tertarik untuk melakukan
penelitian dan mengkaji terkait pembelajaran bahasa Arab di Raudhatul Athfal Al-
Husna Siantan Hulu Pontianak Utara. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, kendala dan
peluang yang dihadapi guru dalam pembelajaran bahasa Arab pada anak usia dini
di Raudhatul Athfal Al- Husna Siantan Hulu Pontianak Utara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Adapun sumber data penelitian untuk mengetahui pembelajaran bahasa Arab pada
anak usia dini yaitu Guru Kelas (1 dan 2). Teknik yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan
menggunakan alat pengumpulan data yaitu pedoman observasi dan pedoman
wawancara.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) Perencanaan yang dilakukan guru dalam pelaksanaan pembelajaran
bahasa Arab yaitu dengan mempersiapkan RPPM lalu menjabarkan tema yang ada
di RPPM yang dibuat dalam bentuk RPPH yang dijadikan sebagai acuan dalam
melakukan pembelajaran harian; 2) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab yang
dilakukan oleh guru adalah melakukan kegiatan pendahuluan seperti menyambut
anak, berbaris di depan kelas, bernyanyi, masuk kelas, berdoa dan sholat dhuha,
melakukan kegiatan inti dengan menyampaikan tema dan memberikan tugas
kepada anak dan melakukan kegiatan penutup dengan mengulang kembali yang
sudah dipelajari; 3) Evaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab yang
dilakukan guru adalah dengan melakukan penilaian terhadap anak melalui tugas
dan kemampuan anak dalam mengulang dan menulis kosa kata bahasa Arab yang
sudah dipelajari; 4) Kendala dalam pembelajaran bahasa Arab pada anak usia
dini adalah penggunaan media yang digunakan hanya dengan buku paket dan
waktu pembelajaran yang terbatas pada saat melakukan pembelajaran bahasa
arab; 5) Peluang bagi guru untuk mengembangkan pembelajaran bahasa Arab
beserta dengan media dan metode pembelajaran yang sesuai untuk anak usia dini
sehingga dapat menumbuhkan minat dan motivasi anak untuk belajar bahasa Arab
sejak dini.