PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL AL-HUSNA SIANTAN HULU PONTIANAK UTARA TAHUN AJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Edi Kurnanto, Muhammad
dc.contributor.advisor Yusuf Hidayat, Moh
dc.contributor.author RAHMANI, NURUL
dc.date.accessioned 2022-11-15T09:04:30Z
dc.date.available 2022-11-15T09:04:30Z
dc.date.issued 2021-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1735
dc.description.abstract Mempelajari bahasa Arab adalah suatu hal yang penting bagi orang Islam, karena semua sumber ajaran Islam berupa Alqur‟an dan Hadits menggunakan bahasa Arab. Sehingga bahasa Arab dapat dikenalkan dan diterapkan pada anak sejak dini karena akan mudah untuk menstimulus perkembangan bahasa anak. Adapun RA Al-Husna adalah salah satu sekolah yang mendukung pembelajaran bahasa Arab pada anak usia dini sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dan mengkaji terkait pembelajaran bahasa Arab di Raudhatul Athfal Al- Husna Siantan Hulu Pontianak Utara. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, kendala dan peluang yang dihadapi guru dalam pembelajaran bahasa Arab pada anak usia dini di Raudhatul Athfal Al- Husna Siantan Hulu Pontianak Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun sumber data penelitian untuk mengetahui pembelajaran bahasa Arab pada anak usia dini yaitu Guru Kelas (1 dan 2). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan alat pengumpulan data yaitu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan yang dilakukan guru dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab yaitu dengan mempersiapkan RPPM lalu menjabarkan tema yang ada di RPPM yang dibuat dalam bentuk RPPH yang dijadikan sebagai acuan dalam melakukan pembelajaran harian; 2) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan oleh guru adalah melakukan kegiatan pendahuluan seperti menyambut anak, berbaris di depan kelas, bernyanyi, masuk kelas, berdoa dan sholat dhuha, melakukan kegiatan inti dengan menyampaikan tema dan memberikan tugas kepada anak dan melakukan kegiatan penutup dengan mengulang kembali yang sudah dipelajari; 3) Evaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan guru adalah dengan melakukan penilaian terhadap anak melalui tugas dan kemampuan anak dalam mengulang dan menulis kosa kata bahasa Arab yang sudah dipelajari; 4) Kendala dalam pembelajaran bahasa Arab pada anak usia dini adalah penggunaan media yang digunakan hanya dengan buku paket dan waktu pembelajaran yang terbatas pada saat melakukan pembelajaran bahasa arab; 5) Peluang bagi guru untuk mengembangkan pembelajaran bahasa Arab beserta dengan media dan metode pembelajaran yang sesuai untuk anak usia dini sehingga dapat menumbuhkan minat dan motivasi anak untuk belajar bahasa Arab sejak dini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Bahasa Arab en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL AL-HUSNA SIANTAN HULU PONTIANAK UTARA TAHUN AJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account