Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: Pertama, kemampuan
matematika awal anak sebelum menggunakan media pembelajaran kartu jari.
Kedua, penggunaan media pembelajaran kartu jari untuk meningkatkan
kemampuan matematika awal Ketiga, kemampuan matematika awal setelah
menggunakan media pembelajaran kartu jari. Keempat, signifikan dalam
peningkatan penggunaan media pembelajaran kartu jari terhadap kemampuan
matematika awal pada anak usia 5-6 tahun di TK Qur’an Imam Syafi’i Tahun
Pelajaran 2020/2021.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan Jenis
penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus
mencakup empat tahapan kegiatan, yaitu 1) Perencanaan 2) Tindakan/pelaksanaan
3) Pengamatan/observasi 4) Refleksi. Dengan teknik analisis deskriptif dan
analisis regresi. Tindakan penelitian kelas dipilih untuk meningkatkan
kemampuan matematika awal anak dengan menggunakan media kartu jari.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kemampuan matematika
awal anak usia 5-6 tahun di TK Qur’an Imam Syafi’i Pontianak Tahun Pelajaran
2020/2021 sebelum menggunakan media pembelajaran kartu jari adalah 43,60%
dengan kategori BB (Belum Berkembang). Kedua, penggunaan Media
Pembelajaran Kartu Jari yang dimulai dengan guru menjelaskan tema
pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan, menjelaskan aturan cara
penggunaan media pembelajaran kartu jari, melakukan tanya jawab kepada anak
dan memberi ulasan kembali tentang kegiatan yang dilakukan serta memberikan
motivasi kepada anak. Ketiga, Kemampuan Matematika Awal pada Anak Usia 5-
6 Tahun di TK Qur’an Imam Syafi’i Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021
setelah menggunakan Media Pembelajaran Kartu Jari pada pelaksanaan kegiatan
Siklus I dapat diketahui bahwa hasil kemampuan matematika awal anak yaitu
57,09% dengan kategori MB ( Mulai Berkembang). Sedangkan pada pelaksanaan
kegiatan siklus II 73,01% dengan kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan).
Keempat, Peningkatan yang signifikan dalam Kemampuan Matematika Awal
pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Qur’an Imam Syafi’i Pontianak Tahun Pelajaran
2019/2020 setelah digunakan Media Pembelajaran Kartu Jari. Pada pelaksanaan di
siklus I dan Siklus II terdapat peningkatan yang signifikan. Dalam hal ini terdapat
peningkatan dari siklus I yang hasilnya 57,09% menjadi 73,01% pada siklus II.